HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Abd Hafid(1*), Achmad Shabir(2), Dirgahayu Hajrah Saputri(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.46961

Abstract


Penilitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan kemampuan menjawab soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analsis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil statistik deskripstif menunjukkan bahwa literasi membaca rata-rata 89, 49 pada kategori sangat baik dan kemampuan menjawab soal berbasis rata-rata 79,26 pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan rhitung > rtabel (0,511 > 0,2876) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dari kesimpulan penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan kemampuan menjawab soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V yang berkategori sedang pada interval 0,40-0,599

 


Keywords


Literasi, Membaca, Soa,l Berbasis, dan HOTS

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., N. Dantes, dan G. Artawan. 2019. “Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(2).

Arif, Syamsul. 2019. “Higher Order Thinking Skills (HOTS) Analysis on Teacher’s Questions in The Final Examination of Bahasa and Sastra Indonesia at Senior High School 7 Medan.” Birle-Journal 2(4).

Balaka, Muhammad Yani. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Doang, Wirna, Ida Bagus Kade Gunayasa, dan Heri Setiawan. 2022. “Hubungan Budaya Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 3 Lenek Daya Tahun 2020/2021.” Jurnal Ilmu Profesi Pendidikan 7(2b).

Fazriani, Nyonya, Deden Ahmad Supendi, dan hera Wahdah Humaira. 2019. “Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi.” Stilistika 12(2).

Firmansyah, Deri, dan Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literatur Review.” Jurnal ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1(2).

Hafid, Abd, Rukayah, dan Rosmalah. 2021. “Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” In Watampone: CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Hasan, Muhammad, Hikmah Maulidyanti, Muhammad Ilyas Thamrin Tahir, dan Nur Arisah. 2022. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Kegiatan Literasi.” Jurnal Ideas 8(2).

Hasanah, Agustin Mutia Miftahul, Satrio Wibowo, dan Budhi Rahayu Sri Wulan. 2021. “Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(2).

Hendriawan, Deri, dan Usmaedi. 2019. “Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi 2(2).

Hermawan, Rizal, Nouval Rumaf, dan Solehun. 2020. “Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas IV Inpres 12 Kabupaten Sorong.” Jurnal Papeda 2(1).

Icha, Apipatunnisa, Ghullam Hamdu, dan Rosarina Giyartini. 2022. “Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pemodelan RASCH.” Journal of Elementery Education 5(4).

Intan, Fradia Mayang, Eko Kuntarto, dan Alirmansyah. 2020. “Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Pembelajaran Mayematika Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5(1).

Kaban, Sahati, dan Tria Lutmila. 2015. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan.” Jurnal Ilmiah PGSD 8(2).

Khasanah, Aan, dan Isah Cahyani. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Questions Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 4(2).

Markhamah, Naelatul. 2021. “Pengembangan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(2).

Nugroho, Stevanus Prasetyo. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Aritmetika Sosial Di Kalangan Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020.”

Pamungkas, Nailul Author Restu. 2018. “Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMA.” Tajdidukasi 8(1).

Restuningsih, Anita, N. Dantes, dan N. Sudiana. 2017. “Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca Pada Siswa Kelas Kelas V SD Kristen Harapan Denpasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1(1).

Rosmalah, dan Ayu Riska. 2019. “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Biru II Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 3(2).

Rosmalah, Sudarto, dan Khaviva Hur’Aainun. 2023. “Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi.” JPPSD: Jurnal Pendidikan & Pembelajran Sekolah Dasar 2(4).

Sakinah, Regina Nurul, dan Prihantini. 2022. “Urgensi Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tembusai 6(2).

Sari, Nur Rohman Hufnita, dan Agus Suprijono. 2022. “Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills Terhadap Kemampuan Literasi Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krian Pada Mata Pelajaran Sejarah.” Avatar: e-Journal Pendidikan Sejarah 12(4).

Satriani, Muhammad Amran, Lu’mu Taris, dan Muh. Syahrir Amin. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD dalam Mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).” JPPSD: Jurnal Pendidikan & Pembelajran Sekolah Dasar 1(4).

Sinaga, Dameraja. 2014. Statistik Dasar. Jakarata Timur: Uki Press.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryanda, Ade, Nurul Azizah Ayu P, dan Ratna Dewi W. 2018. “Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Literasi SAINS Siswa SMA Di Jakarta Timur.” BIOMA 7(2).

Suryani, and Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Susianti, Asih, Adisyahputra, and Mieke Miarsyah. 2018. “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Demampuan Literasi Sains Guru Biologi SMA.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB) 11(1).

Thahir, Rahmatia, Nurul Magfira, and Anisa. 2021. “Hubungan Antara Higher Order Thinking Skills Dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Biologi.” Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 7(3).

Wahyuni, Frizka, Dalifa, and Abdul Muktadir. 2017. “Hubungan Antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Sikap Rasa Hormat Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kota Pagar Alam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(2).


Article Metrics

Abstract view : 291 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats