PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Adnan,K Adnan,K(1*), Mujahidah Mujahidah(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i4.46051

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri sosial berbasis multikultural dalam meninggkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Adapun hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS dimana pada siklus I  persentase ketuntasan siswa 50% dimana siswa belum mencapai indikator, maka peneliti melanjutkan ke siklus II dimana pada siklus ini siswa mendapat persentase ketuntasan 83,3% dan sudah mencapai indikator dan dengan demikian penelitian dianggap berhasil. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri sosial berbasis multikultural dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV UPTD SD Negeri 91 Barru Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.


Keywords


Inkuiri sosial, Multikultural, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A.Rusijono. Nasution, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Subtrma Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019–1024.

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metodedan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lahadisi. (2020). Sebuah Strategi Menuju. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.

Maryen, R. (2017). No Title. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8), 817–823.

Pahlawan, C. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Inkuiri Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(8), 1336–1346.

Rohiyatun, B. (2016). Hubungan Strategi Pembelajaran Berbasis Multikultural Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 206–217.

Sudin, A. (2014). Kurikulum Pembelajaran. UPI PRESS.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.

Susanti, E. (2018). Konsep Dasar IPS. Medan: CV. Widya Puspita.

Susanto, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu POwer Point Terhadap Hasil Balajar. Jurnal Darma Agung, XXVI(1), 654–660.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan (S. Saat (ed.)). Jakarta: Erlangga.

Yanti, R. P. (2018). Pembelajaran berbasis Multikultural Paa Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Basicedu, 2(2), 70–74.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats