Pengaruh Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Puisi (Studi Siswa Kelas IV di UPTD SPF SDN 3 Lemba Kabupaten Soppeng)

Rukayah Rukayah(1*), Achmad Sabir(2), Nurul Hikmah Masda(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.45824

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan sesudah penggunaan teknik kata kunci dalam pembelajaran menulis puisi serta untuk mengetahui pengaruh teknik kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik kata kunci (variabel bebas) dan kemampuan menulis puisi (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV UPTD SPF SDN 3 Lemba Kabupaten Soppeng dengan sampel sebanyak 32 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan setelah penggunaan teknik kata kunci pada pembelajaran menulis puisi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan teknik kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV di UPTD SPF SDN 3 Lemba Kabupaten Soppeng.


Keywords


Teknik Kata Kunci, Kemampuan Menulis Puisi, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, D. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–52.

Astuty. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Teknik Kata Kunci. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 494-499.

Danuri. 2019. Metodologi penelitian (Alviana (ed.); I). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI) : Bantul, Yogyakarta.

Dimova, M. 2019. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Citraningrum. 2016. Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Jurnal Belajar Bahasa Universitas Muhammadiyah Jember, 1(1), 1–9.

Djalal, F. 2017. Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

Ernawati, Y. 2017. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Program Pascasarjana UMP. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Fabiana, F. 2019. Analisis Unsur Instrinsik Puisi Karya Taufik Ismail. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Herlina. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture and Picture Pada Siswa kelas III di Sekolah Dasar Bawamai Pontianak Kota. Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Husein, S dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Universitas Mataram. 1(3). 221-225

Kurniawati, R. 2019. Inobel : Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Patmi (ed.); I). Graf Literature : Jakarta Barat.

Kusnah, N. 2018. Teknik pembelajaran mutahir Solusi Pembelajarn K-13 (I. Marzuqi (ed.); I). CV Pustaka Ilalang Group : Jawa Timur.

Lafamane, F. 2020. Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.

Mahartani, N. D. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV MI Negeri 2 Batang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Mar'ah, M. 2022. Pengaruh Metode Pancing Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Berbantuan Media Karikatur Pada Kelas X.. JP3D (Arus Jurnal Pendidikan 2(1), 1-7.

Muktadir, A. 2020. Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Kunci. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 3(2), 197–204.

Mulyati, Y. 2015. Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In PDGK4 101. Universitas Terbuka.

Mustopa, E. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik di SMK Negeri 1 Ketapang. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2002, 58–64.

Nurhasanah, S. 2019. Strategi Pembelajaran. In R. Sophe (Ed.), Edu Pustaka (I). Penerbit Edu Pustaka (Anggota IKAPI) : Jakarta Timur.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2016.

Pratiwi, S. 2019. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sd Negeri 130 Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 155–169.

Putri, H. 2021. Analisis Strata Norma Pada Puisi Elegi Sampah Karya Sri Setianingsih. Adjektiva : Educational Languange and Literature Studies, 4(1), 31–39.

Rukayah. 2017. Pengajaran Sastra Menulis Puisi Mengatasi Kesulitan Belajar Anak (A. Thaba (ed.); I). Penerbit Deepublish : Yogyakarta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); III). Penerbit Alfabeta : Bandung.

Sukmadinata, N. 2020. Metode Penelitian Pendidikan (XIII). PT Remaja Rosdakarya Offset : Bandung.

Suparyanto. 2020. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. United Tractors Tbk Cabang Medan. Skripsi. 5(3), 248–253.

Sayuti, S. 2019. Hakikat, Ciri, dan Fungsi Puisi. PT Alfabeta : Bandung

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1.

Wijaya, F. 2021. Pengembangan Tutorial Melalui Audio Visual Petanque Teknik Dasar Permainan. Skripsi. Universitas Negeri Islam Surabaya.

Zahara, W. 2020. Pengaruh Penggunaan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SD Negeri Gugus XIII Kota Bengkulu. Skripsi. In UNIB Scholar Repository. Universitas Bengkulu.

Putra, dkk. 2018. Pemanfaatan Teknik Kata Kunci Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Mipa 5 SMAN 1 Payangan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). 235-247.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats