Hubungan Penguatan Verbal dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone

Satriani, DH Satriani, DH(1), Achmad Sabir(2), Nurlaeni Armayanti(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.43923

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya  hubungan yang signifikan antara penguatan verbal dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e dengan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 53 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobality sampling atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statisik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai penguatan verbal dengan rata-rata sebesar 85,14% pada kategori sangat baik dan motivasi belajar dengan rata-rata nilai 89,28% pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara penguatan verbal dengan motivasi belajar siswa dengan koefesien korelasi sebesar 0,406 dan berada pada kategori hubungan sedang. Dengan demikian H0 ditolak dan HI diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguatan verbal dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Full Text:

PDF

References


Ardiyansari Novita. 2012. Hubungan Keterampilan Memberikan Penguatan Verbal dan Penguatan Nonverbal dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus II Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Baharuddin Achmad. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Bimbingan. Padang : Abe Kreafindo

Latri Aras, Satriani DH, Muhammad Amran, Nabila Adz Dzikru. 2022. Hubungan antara Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. Vol6, No.1

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 8–31.

Fajrianti, Hermayanti Sitti dan Onde Ode La Mitrakasih.2022. Manajemen Kelas. Surabaya : Innoffats Publishing

Heriyanti, Mega Iful Rahmawati dan Syahira.2021. Dasar Dasar micro teacing. Malang :Literasi Nusantara Abadi

Kurniati, & Ervina. 2020. Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, 16(1), 58–70.

Nugroho Agam. 2016. Hubungan Antara Pemberian Penguatan (Reinforcement) dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta.

Rahmah Syarifah. 2021. Micro Teaching Pengembangan Kemampuan Belajar). Medan : Pusdikra Mitra Jaya.

Republik Indonesia 2003. (2003). 255.

Sudirman Nyoman. 2022. Hakikat Pembelajaran Micro Teaching. Bandung : Nilacakra

Suprihatin Siti. 2015. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan Pembelajaran K13). Ponegoro : Uwais Inspirasi Indonesia.

Uno Hamzah B. 2015. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats