Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Siswa Kelas VI SD
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.37505
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar mengajar. Pustaka Setia. Jakarta.
Ali, M. 1983. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Anis Rahim. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MAN Lappariaja Kabupaten Bulukumba. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Anonim. 2005. Model-Model Pengajaran Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. DEPDIKNAS. Jakarta.
----------. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Budiastuti, W. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Djamarah, BS. & A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Hudoyo, Herman, 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang. Malang.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. UNESA University Press. Surabaya.
Isjoni, 2007. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.
Isjoni, 2007. Pembelajaran Visioner. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Lie, A. 2000. Cooperative Learning. Grasindo. Jakarta.
Mustakim.2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Pada Siswa Kelas VII.4. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2 (1)
Nurjannah,dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2 (2)
Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sahabuddin. 1994. Mengajar dan Belajar. FIP IKIP. Ujung Pandang.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogyakarta.
Soedjadi, R, 1999. Kiat Pendidikan Matemtika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Soleh, Mohammad, 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Sudjana, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Sudjana. 1996. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Yahya. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Pada Siswa Kelas VII.4. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2 (1)
Article Metrics
Abstract view : 53 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197