Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SDN Beji 03 tahun 2022/2023

NUR HIDAYAH(1*), Mei Fita Asri Untari Fita Asri Untari(2), Anik Dwi Wahyuni(3),

(1) 
(2) UPGRIS Semarang
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.37261

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup melalui model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Beji 03 sebanyak 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tema 1 pada peserta didik kelas III SDN Beji 03 setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Keywords


Discovery learning; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem. Pendidi-kan. Nasional.

Nurokhim. 2020. Model Pembelajaran Doscovery Learning di Sekolah Dasar. Semarang: Qahar Publisher.

Rosarina, Ali Sudin, dan Sujana. 2016. Pen-erapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Prilliza, Lestari, Merta, dan Artayasa. 2020. Efektivitas Penerapan Model Discov-ery Learning terhadap Hasil Belajar IPA. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia Vol. 15 No.2, Maret 2020.

Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurpratiwi, Rahma Tisa. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture dan Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Purwokerto: Universitas Muham-madiyah Purwokerto


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats