PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yunanda Wulandari(1*), Fine Refianne(2), Estiyani Estiyani3(3),

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) UPGRIS
(3) UPGRIS
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.37256

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar siswa rendah dilihat dari nilai siswa yang belum mencapai KKM, siswa juga kurang aktif dalam  proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Pembelajaran masih dominan  menggunakan metode ceramah sehingga siswa mudah bosan dan jenuh pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 1 Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD 2 Bacin.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif, Penelitian ini dilaksanakan 3 kali siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan  hasil belajar siswa, rata-rata kelas, ketuntasan belajar klasikal, aktivitas belajar, dan keterampilan siswa kelas V SD 2 Bacin.

Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar Siswa; Aktivitas Belajar Siswa; Keterampilan Siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdurrahman, Mulyono. 2018. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus, Cahyo. 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar

Agus Suprijono. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anas Sudijono 2015, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Bahrah, Sitti dan Nasaruddin. (2022). Penerapan Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Selamatkan Makhluk Hidup Terhadap Peserta Didik Kelas VI. Scholaria: Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, Vol 2(1), 132-137.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Cintia, N. I, Kristin F, Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perpestif Ilmu pendidikan. 32 (1) . Universitas Kristen Satya Wacana

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M, Sudirman. 2021. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, Vol 1 (2), 270-278.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1216 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats