Peranan Bermain Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini

Nirwana Nirwana(1*), Nasaruudin R Nasaruudin R(2), Muhammad Yusri(3), Nur Asriani(4),

(1) UIM
(2) UIM
(3) UNM
(4) UIM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.36267

Abstract


The purpose of this study was to determine the ability of children to cooperate through playing puzzle activities. This research is a classroom action research. This research was conducted collaboratively by teachers and researchers in the classroom. The main subjects in this study were children aged 4-5 years. Data collection techniques using observation and documentation techniques. The analysis was carried out using qualitative and quantitative descriptive approaches, namely the data obtained were converted into presentation form. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that through puzzle playing activities, children's ability to work together can be increased.

Keywords


Play Puzzles; Cooperation Ability; Early childhood

Full Text:

PDF

References


Asmawati,Luluk dkk.2012.Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Anik.Lestariningrum.Pupung Puspa Ardini.2018.Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk:Adjie Media Nusantara.

Aisyah,siti dkk.2013.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak usia Dini.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.

Ariyanti,tatik.2016.”Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak” dalam Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, Nomor 1 (halaman 50-58). Purwokerto:Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Direktorat Jenderal PAUD.2015. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kemendikbud

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29-45.

Hanggara.Budi.Putri Purnama Sari.dan Rosa Imani Khan.2020.”Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai”. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Volume 7, Nomor 2 (halaman 44-51).

http://repo.iain-tulunggung.ac.id/1632/2/BAB%2OIII.pdf

Hidayati.Wahyu.2014.Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok A TK ABA Ledok I Kulon Progo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta:Universtas Negeri Yogyakarta

Irina,Fristiana.2017.Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Yogyakarta:Parama Ilmu.

Khomsoh,Rosiana.”Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah SD”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya:Universitas Negri Surabaya.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-13.

Mesiono, Nirva Diana.2016.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.

Saputra,Aidil.2018.Pendidikan Anak Usia Dini.dalam Jurnal Ilmu Pendidikan PAgama Islam Volume 10, Nomor 2 (hal 116-209).

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Triyanti,Enda,Sri Saparahayuningsih, dan Sumarsih.2016.”Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Bermain Simbolik”. Dalam Jurnal Ilmiah Potensia Volume 1, Nomor 1 (halaman 28-35).

Undang- undang NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta)

Utami,dian.2019.”Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan

Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Bukit Kuningan Lampung Utara”.Repositori.Radenintan.ac.id.(diakses tanggal 06 Februari 2021).

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862-872.

Wijana,Widarmi D dkk.2013.Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.

Yuni.Tri.Astuti.2014.Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Permainan Menyusun Puzzle Berkelompok di Rhaudhatul Athfal Masyithoh Kantongan Kelompok A. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats