Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV

Rosmalah Rosmalah(1), Muhammad Idris Djafar(2), Nur afia amali(3*),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.35803

Abstract


Abstract. This research is classroom action research (CAR). The approach used is descriptive qualitative. The focus of this research is 1) Application of contextual learning model, 2) Student learning outcomes. The research subjects were fourth grade students at SDN 209 Kajaolaliddong. The objectives of this study: 1) determine the application of contextual learning models in improving science learning outcomes for fourth grade students. 2) knowing the results of applying contextual learning models in improving science learning outcomes for fourth grade students. The subjects of this study were students with a total of 17 people consisting of 9 males and 8 females. Data collection techniques used were observation and tests. Data analysis techniques of this study were data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study showed an increase. Cycle I achieved the qualification of Good (B) and in the second cycle achieved the qualification of Very Good (A). The conclusion of this study is that applying a contextual learning model can improve science learning outcomes for fourth grade students at SDN 209 Kajaolaliddong, Barebbo District, Bone Regency.

Keywords: Contextual learning, Learning outcomes, Science

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskripstif. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) penerapan model pembelajaran kontekstual, 2) Hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 209 Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 209 Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. 2) mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVSDN 210 Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan. Siklus I mencapai kualifikasi Baik (B) dan pada siklus II mencapai kualifikasi Sangat Baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 209 Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Kata Kunci : Pembelajaran kontektual, Hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara .

Arikunto, Suharsimi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Baharuddin. (2016). "Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 25 Parepare". Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1(1).

Karmatang. 2021. “Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Gugus II Jaling Kecamatan Awangpone.” Makassar : UNM Press

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maghfiroh, Leny. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 2 (1).

Meliawati, Eka. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 4 Rama Puja Kecamatan Raman Utara.” Metro : IAIN Metro Press.

Nugroho, Thomas Adi Tri. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses IPA Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta.” Yogyakarta : UNY Press.

Rijal, Muhammad. 2020. “Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Pembangkit Listrik Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV UPT SD Negeri 19 Pinrang.” Jurnal Publikasi Pendidikan XX (xx): 1–4.

Rini, Esti Setya. 2012. “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan.” Yogyakarta : UNY Press.

Tahar, Siti Selpi Harlia. 2019. “Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 2 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” Makassar : UNM Press.

Wisudawati, dkk. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Akasara.


Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats