PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Univ. PGRI Palembang
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.35610
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, A. (2018). Pemahaman Konsep Perubahan Sifat Benda Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Eksperimen. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.339
Aswati, N. (2020). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS MELALUI STRATEGI PEMBALAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA PAPAN LUNCUR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 130–133. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Atta, H. B., Vlorensius, & Hidayat, R. (2020). Mengukur Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keaktifan Siswa Smp Pada Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 93–101.
Faradillah, A., Hadi, W., & Soro, S. (2020). Evaluasi Proses Serta Hasil Belajar. Uhamka Press.
Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, Dan Tanggung Jawab Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1038
Kadek, N., Mediawadi, D., & Trimawan, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 88–95.
Kosasih, N., & Sumarna., D. (2013). Pembelajaran Quantum serta Optimalisasi Kecerdasan. Alfabeta.
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (n.d.). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Cv Ae Media Grafika.
Made, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum, Berbantuan Mobile Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya. Journal of Education Technology, 4(1), 34. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24078
Maielfi, D., & Wahyuni, S. (2020). Model Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 219–230. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.18395
Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf
Nelly Wedyawati, & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Deepulish.
Nurlina, W. O. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Kuantum Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik Unidayan, 10(1), 30–38.
Oktarina, S., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas X Sma Ethika Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1440
Prihantini. (2020). Strategi Pembelajara SD. PT Bumi Aksara.
Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727
Rahayu, D. R., & Prayitno, E. (2020). Minat dan Pemahaman Konsep siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064
Riyanto, S., & Hatmawa, A. A. (2020). Metode Riset Riset Kuantitatif Riset Serta Manajemen,Teknik, Pendidikan Serta Eksperimen. Deepublish.
Romadhoni, M. F., & Relmasira, S. C. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Quantum Teaching Dilihat Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 93–104. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p93-104
Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif (12th ed.). Alfabeta.
Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4, 367–375.
Suryani, E. (2019). Analisis Pemahaman Konsep. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Pemahaman_Konsep_Two_tier_Test/c4ImEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Widiastiti, N. L. A., & Sumantri, M. (2020). Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 303. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26628
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369
Article Metrics
Abstract view : 179 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197