Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran SBdP Kelas V SD
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.35038
Abstract
Abstrak; Penelitian ini adalah jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar pada mata pelajaran SBdP siswa selas V SDN 161 Karya yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata minat belajar sebelum perlakuan 47,85 dengan kategori cukup dan setelah perlakuan diperoleh rata-rata 88,06 dengan kriteria sangat baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung 18,892 > ttabel 1,692 pada taraf signifikansi 5%. dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V SDN 161 Karya berpengaruh.
Kata kunci: Audio-Visual, Minat Belajar
Full Text:
PDFReferences
Anslmus, Z., & Polikarpus. (2018). Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 60.
Aruan, J. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 83. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4862
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri Dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal BIOTEK, 3(2), 54–69. https://doi.org/10.24252/jbiotek.v4n2a2016.54-69
Farah, M., Suharsono, Y., & Prasetyaningrum, S. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 171–183. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.8243
Febritama, S. (2018). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Universitas X Surabaya. 3(1), 16–25. https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1586
Friskilia, Octheria, and Hendri Winata. 2018. “Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(1): 184.
Hidayat, A.F. 2019. “Hubungan Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Kalkulus Ii Ditinjau Dari Aspek Metakognisi, Motivasi Dan Perilaku.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Khaliq, I., & Alsa, A. (2015). Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Psikologi UGM, 1(2), 74–81.
Kristiyani, Titik. 2016. Sanata Dharma University Press, Yogyakarta Self Regulated Learning Konsep, Implikasi, Dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia.
Nugrahani, Farida. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahas” Solo: Cakra Book.
Rosyid, Moh Zaiful, Mustajab, dan Abdullah, Aminol Rosid. 2019. “Prestasi Belajar” Malang: Literasi Nusantara.
Salsabilla, Azza dan Puspita sari 2020 "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar" Jurnal Pendidikan dan Dakwa" 2 (2): 278.
Article Metrics
Abstract view : 186 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197