Analisis Perundungan Verbal Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi
(1) 
(2) UNM
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34985
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan perundungan verbal dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas tinggi SDN 26 Watang Palakka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa, teknik wawancara dengan guru dan melakukan observasi. Instrument pendukung yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar pernyataan dan lembar observasi, yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beragam perundungan verbal yang terjadi diantaranya adalah mengejek, memberikan julukan negatif, kata-kata kasar dan sebutan kondisi fisik. Siswa yang cenderung mengalami perundungan verbal memiliki kemampuan dalam berinteraksi yang kurang baik. Siswa memiliki kemampuan yang kurang baik dalam bekerja kelompok, kurang Memiliki kemampuan dalam berinteraksi secara aktif dengan teman sebaya maupun dengan guru. Dari dampak negatif bahwa terdapat keterkaitan antara perundungan verbal dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi SDN 26 Watang Palakka Kabupaten Bone.
Full Text:
PDFReferences
Acesta, A. (2019). Kecerdasan kinestetik
dan interpersonal serta
pengembangannya. Surabaya: Media
sahabat cendekia.
Hermita, n. & dkk. (2017). Pembelajaran
berbasis kecerrdasan jamak di sd.
Yogyakarta: Cv budi utama.
Lomas, J., Stough, C., Hansen, K., &
Downey, L. A. (2012). Brief report:
Emotional intelligence, victimisation
and bullying in adolescents. Journal of
Adolescence. 35(1)
Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2010).
Hubungan antara iklim sekolah dengan
kecenderungan perilaku bullying.
Jurnal fakultas psikologi dan ilmu
sosial budaya. 1-10
Safaria, t. (2005). Interpersonal
intlligence:metode pengembangan
kecerdasan interpersonal anak.
Yogyakarta: Amara books.
Sari, S. P. (2018). Hubungan verbal
bullying dengan kecerdasan
interpersonal siswa sd. Jurnal Inovatif
Ilmu Pendidikan, 3(1).
Sari, Y. P, & Azwar, W. (2017). Fenomena
bullying : studi tentang motif perilaku
bullying siswa. Jurnal pengembangan
masyarakat islam, 10(2).
Tim kpai. (2020). Sejumlah kasus bullying
sudah warnai catatan masalah anak di
awal 2020, begini kata komisioner kpai.
Kpai.
Https://www.kpai.go.id/publikasi/seju
mlah-kasus-bullying-sudah-warnai-cat
atan-masalah-anak-di-awal-2020-begin
i-kata-komisioner-kpai#:~:text=kpai
mencatat dalam kurun waktu,laporan
dan trennya terus meningkat.
Undang-undang republik indonesia nomor
Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasa
rVol, 2. No, 3. Tahun 2023
tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional. (n.d.).
Wibowo, A. P. S. (2019). Penerapan hukum
pidana dalam penanganan bullying di
sekolah. Jakarta: Unika Atma Jaya
Jakarta.
Winahyu setya umara, T., nur damawanti, E.,
& bagas arwansyah, yanuar. (2020).
Dampak verbal bullying terhadap
kecerdasan interpersonal siswa kelas ii
sd muhammadiyah gendol vi seyegan
sleman yogyakarta. Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1).
Yayasan semai jiwa (sejiwa). (2008).
Bullying mengatasi kekerasan di
sekolah da lingkungan anak. Jakarta:
Grasindo
Article Metrics
Abstract view : 551 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197