Analisis Perundungan Verbal Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi

Awaluddin Muin(1*), Rosmalah Rosmalah(2), Risky kiki(3),

(1) 
(2) UNM
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34985

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan perundungan verbal dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas tinggi SDN 26 Watang Palakka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa, teknik wawancara dengan guru dan melakukan observasi. Instrument pendukung yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar pernyataan dan lembar observasi, yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beragam perundungan verbal yang terjadi diantaranya adalah mengejek, memberikan julukan negatif, kata-kata kasar dan sebutan kondisi fisik. Siswa yang cenderung mengalami perundungan verbal  memiliki kemampuan dalam berinteraksi yang  kurang baik. Siswa memiliki kemampuan yang kurang baik dalam bekerja kelompok, kurang Memiliki kemampuan dalam berinteraksi secara aktif dengan teman sebaya maupun dengan guru.  Dari dampak negatif bahwa terdapat keterkaitan antara perundungan verbal dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi SDN 26 Watang Palakka Kabupaten Bone.


Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2019). Kecerdasan kinestetik

dan interpersonal serta

pengembangannya. Surabaya: Media

sahabat cendekia.

Hermita, n. & dkk. (2017). Pembelajaran

berbasis kecerrdasan jamak di sd.

Yogyakarta: Cv budi utama.

Lomas, J., Stough, C., Hansen, K., &

Downey, L. A. (2012). Brief report:

Emotional intelligence, victimisation

and bullying in adolescents. Journal of

Adolescence. 35(1)

Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2010).

Hubungan antara iklim sekolah dengan

kecenderungan perilaku bullying.

Jurnal fakultas psikologi dan ilmu

sosial budaya. 1-10

Safaria, t. (2005). Interpersonal

intlligence:metode pengembangan

kecerdasan interpersonal anak.

Yogyakarta: Amara books.

Sari, S. P. (2018). Hubungan verbal

bullying dengan kecerdasan

interpersonal siswa sd. Jurnal Inovatif

Ilmu Pendidikan, 3(1).

Sari, Y. P, & Azwar, W. (2017). Fenomena

bullying : studi tentang motif perilaku

bullying siswa. Jurnal pengembangan

masyarakat islam, 10(2).

Tim kpai. (2020). Sejumlah kasus bullying

sudah warnai catatan masalah anak di

awal 2020, begini kata komisioner kpai.

Kpai.

Https://www.kpai.go.id/publikasi/seju

mlah-kasus-bullying-sudah-warnai-cat

atan-masalah-anak-di-awal-2020-begin

i-kata-komisioner-kpai#:~:text=kpai

mencatat dalam kurun waktu,laporan

dan trennya terus meningkat.

Undang-undang republik indonesia nomor

Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasa

rVol, 2. No, 3. Tahun 2023

tahun 2003 tentang sistem

pendidikan nasional. (n.d.).

Wibowo, A. P. S. (2019). Penerapan hukum

pidana dalam penanganan bullying di

sekolah. Jakarta: Unika Atma Jaya

Jakarta.

Winahyu setya umara, T., nur damawanti, E.,

& bagas arwansyah, yanuar. (2020).

Dampak verbal bullying terhadap

kecerdasan interpersonal siswa kelas ii

sd muhammadiyah gendol vi seyegan

sleman yogyakarta. Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1).

Yayasan semai jiwa (sejiwa). (2008).

Bullying mengatasi kekerasan di

sekolah da lingkungan anak. Jakarta:

Grasindo


Article Metrics

Abstract view : 551 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats