Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 243 Ujung Salangketo Kecamatan Mare Kabupaten Bone
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.34883
Abstract
The problem in this study is the lack of parental support to students, so that student learning achievement decreases. This study is a quantitative study with a correlation design that aims to determine the relationship between parental support and learning achievement of high-grade students of SDN 243 Ujung Salangketo, Mare District, Bone Regency. The results showed that there was a significant relationship between parental support and the learning achievement of high-grade students of SDN 243 Ujung Salangketo, Mare District, Bone Regency with a calculated value of 5.7773 greater (>) a ttabel value of 1.66600 which means that H0 was rejected and H1 was accepted. Based on data analysis, it can be concluded that parental support will have an impact on student learning achievement. From these conclusions, the impact resulting from this study is known that good parental support will increase student learning achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adicondro, N., & Purnamasari, A. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Universitas Ahmad Dahlan.
Afriansyah, D. 2014. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Pustaka.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Diniaty, A. 2017. Dukungan orang tua terhadap minat belajar siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan, 3(1), 90–100.
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo.
Faizi, M. (2012). Tiru Cara-cara Ampuh Mendidik Anak ala Pendidikan Orang Hebat. Jogjakarta: FlashBook.
Firawati. 2021. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV. PGSD, Universitas Negeri Makassar
Hidayah, F. N. 2012. Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hidayat, R., & Abdillah, A. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan.
Mahardhika, N. A., Betty, J., Jusuf, K., & Priyambada, G. 2018. Dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 62–68.
Melisa, P. V., & Putra, E. D. 2021. Hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 134 Pekanbaru. Mimbar Ilmu, 26(3).
Nurrohmatulloh, M. A. 2016. Hubungan orientasi masa depan dan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).
Penyusun. 2020. Pedoman penulisan tugas akhir mahasiswa. Universitas Negeri Makassar.
Pitriani, N. 2020. Hubungan antara Dukungan Sosial Oran Tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Pekanbaru. Skripsi. Universias Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ruli, E. 2020. Tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
Sartika, Q. D. 2016. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. PGSD, Skripsi Universitas PGSD Yogyakarta.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. 2011. Health Psychology:Biopsychosocial Interactions (7th ed.). New York: John Wiley & Sons, INC.
Salmaa, 2021. Penelitian Korelasional: Pengertian, Ciri-ciri, Langka dan Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.
Setianingsih, D. N. 2015. Comparison of adolescent self-concept who have single parents men and women in sma 76 jakarta. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(2).
Simanjuntak, Sinta Dameria. 2020. Statistik Penelitian Pendidkan. Surabaya : CV. Jakad Media
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Sudijiono, A. 2018. Pengantar Statistik Pendidkan, Raja Grafindo Persada
Susanti, S. P. 2019. Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik Teori dan Penerapannya. CV Literasi Nusantara Abadi.
Sugiono, S. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tan, J. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. 2013. Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. Jurnal Keperawatan, 1(1).
Taylor, Shelley E. 2012. Health Psychology. 8th. ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Umar, M. 2015. Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional
Wati 2017. Pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V. Universitas Mataram.
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wulandari, Y. W. (2018). Hubungan Dukungan Orang Tua dalam Belajar Anak dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sdn Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Mataram
Article Metrics
Abstract view : 442 times | PDF view : 65 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197