Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34838
Abstract
This research is a quantitative research with a quasi-experimental research design.. The data analysis technique is descriptive statistical analysis and inferensial analysis using independent sample t-test. The result obtained in this study are: (a) there are differences in students’social studies learning outcomes between the experimental class and control class learning outcomes are higher than the control class, (b) there is a significant effect using the outdoor learning method on social studies learning outcomes. Student. The conclusion in this study is that there is an effect of using outdoor learning methods on social studies learning outcomes for fifth grade students of SD Gugus II, Bontoramba District, as evidenced by the results of the independent sample t-test with the results of the analysis obtained t count (7.064) > t table (2.0243).
Full Text:
PDFReferences
Abdur, Rohim. 2021. Efektivitas pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) dengan pendekatan PMRI pada materi SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 5(3,) 217-229.
Adelia, V. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor study).Bandung: CV Pustaka Setia.
Ahmad, & Prasetya. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ali, A. M. 2022. Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode round club siswa kelas V SDN 1 Hendea. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan PGSD Universitas Negeri Makassar 2(1). 179–184.
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Metode Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baharuddin, & Wahyuni. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Darmawan. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitri Rahmawati, B., & Zidni, Z. 2019. Identifikasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan Universitas Hamzanwandi 3(1), 1–10.
Gunawan, & Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hamid, D. 2011. Metode Penelitin Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Harini dkk. 2012. Pengaruh pembelajaran tugas kelompok berdasarkan survai lapangan (outdoor stuy) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Lemlit-UM 22(1). 12-21
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi.
Milhani, Y. 2021. Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosisal Indonsia 8(1), 90-102
Mustafa, J. 2014. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar.Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
N, H., & M, J. 2014. Strategi Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Nurani, D. C., Sarwanto, S., & Rintayati, P. 2018. Multicultural and multireligious understanding influence of guided inquiry-based Outdoor Learning on the concept mastery of thematic learning by fourth-grade students at primary school. 2013, International Journal of Instruction, 485–491.
Nurhartina, A., & Torobi, I. 2021. Pengaruh pelaksanaan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa SD PGRI Serui. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7.
Pambudi, D. S. 2022. The effect of outdoor learning method on elementary students motivation and achievement in geometry. International Journal of Instruction Universitas Of Jember, 15(1), 747–764.
Ropiqi, 2019. Pembelajaran luar kelas (outdoor study) dalam peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sungai Kakap, Jurnal Pendidikan Sosial 3(1), 146
Rustam, S., & Santoso, A. B. 2015. Penerapan Metode Outdoor Study Pada pembelajaran geografi Kelas X IPS Ma Al Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2014/2015. Edu Geography Geografi 3(8), 72–79.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.
Saputra, T. A. 2009. Pembelajaran İPS berbasis tematik. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).
Sardiman. 2014. Motivasi Belajar Mengajar. jakarta: PT Rajawali pers.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprihartiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syarifah Aeni Rahman, & Abd Rajab. 2019. Pengaruh penerapan metode Outdoor Learning berbasis kelompok terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Nomor 209 Tappalalo Kabupaten Jeneponto. Jurnal Phinisi Integration Review 2(1), 30–31.
Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar
Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Sisdiknas
Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract view : 228 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197