Hubungan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone

RAHMAH NITA RUKMINA SARI(1), Rukayah Rukayah(2*), Mujahidah Mujahidah(3),

(1) 
(2) UNM
(3) Unm
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34811

Abstract


This research is a quantitative research with a correlational approach which aims to: 1) describe the school literacy movement of High Grade Students of UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu, Cina District, Bone Regency, 2) describe the reading comprehension ability of High Grade Students of UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu China Subdistrict, Bone Regency, 3) describe the relationship between the school literacy movement and the reading comprehension ability of high grade students of UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu, Cina, Bone Regency, with a total of 32 students. Data collection was carried out using questionnaires and tests. Data analysis technique with descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the results of descriptive statistical analysis, the results of the research on the school literacy movement have an average of 79.40 and a percentage of 79.40% with a good category and the average reading comprehension ability of high-class students has an average of 62.40 and a percentage of 62.40%. with medium category. Based on the results of inferential statistical analysis, the tcount value (2.81) is greater (>) the ttable value (1.6973) at a significance level of 21%. Thus H0 is rejected and H1 is accepted. From the results of the study, it was concluded that there was a significant relationship between the School Literacy Movement and the Reading Comprehension Ability of High Grade Students of UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu, Cina District, Bone Regency.

 

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan gerakan literasi sekolah Siswa Kelas Tinggi UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone, 2) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman Siswa Kelas Tinggi UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone, 3) mendeskripsikan gambaran hubungan gerakan literasi sekolah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian gerakan literasi sekolah memiliki rata-rata 79,40 dan persentase 79,40% dengan kategori baik dan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi memiliki rata-rata 62,40 dan persentase 62,40% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung (2,81) lebih besar (>) nilai ttabel (1,6973) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan  penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi UPT SD Inpres 5/81 Ajangpulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone.


Full Text:

PDF

References


Abdulah, M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., dan Jabar. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

AR Isfihananti. 2016. Kemampuan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.

Azima, R., & Kurniawan, O. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kelas Tinggi. 3(04), 934–947.

Dalman. 2014. Keterampilan membaca. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional RI, 2003. Undang undang No.20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional, Jakarta: Departemen pendidikan. Cet.I,.

Faizah, Dewi Utama, Sufyadi, S., Lanny Angreani, & Waluyo. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menegah.

Fath, Zaina, Sholina, A., Isma, F., & Rahmawan, Deby Indriani. 2018. Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah ( Konsep Dan Implementasi). Abdau, 1(2), 339–353.

Fathonah, F. S. 2016. Penerapan Model Poe ( Predict-Observe- Explain ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. 1(1), 171–178.

Iwayantari Erni, Hidayati P. & Maulyana D. 2018. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Dampaknya Terhadap Upaya Menumbuhkan Nilai Nilai Karakter di SMPN 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Tesis. Universitas Pasundan Bandung : Bandung.

Kusumastuti, Y. H. 2018. Pengaruh Program Literasi Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Qurrota A’yyun Ponorogo. Skripsi. IAIN Ponorogo: Ponorogo.

Khofiah, Siti. 2015. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi SDN 1 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan PGSD Universitas Negeri Yogyakarta

Maulana, P., & Akbar, A. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achiement Divison) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Pesona Dasar, 5(2), 46–59.

Maulidya, S. 2017. Hubungan Antara Gerakan Literasi Sekolah Dengan Kemahiran Membaca Pemahaman Siswa Kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Tanjung Pinang Tahun 2016/2017. E-Journal.

Nasution, Leni Masnidar. 2017. Statistik Deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.

Nirwana, K.C & Harsiati Titik. 2021. Implmentasi Literasi Sekolah Dan Kegiatan Membaca Pemahaman Siswa SMPN 6 Malang. 5(1), 39-49.

P, A. Candrawinata. Astuti. 2020. Kemampuan Membaca Pemahaman Melaui Model Sq3r ( Survey , Questions , Read , Recite , Review ) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seko Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo.

Pendidikan, T. J., Volume, P. D., Negeri, M. I., & Lampung, B. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21.

Rahman.W.N. 2022. Hubungan Gerakan Literasi Sekolah dengan Minat Baca Siswa Kelas Tinggi UPT SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makssar.

Rukayah. 2019.Teori Apresiasi Sastra. Diktat PGSD Bone FIP UNM. Universitas Negeri Makassar.

Rohim C.H & Rahmawati S.2020. Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Review pendidikan dasar, 6(3).

Soeyono. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi. Malang : Cakrawala Indonesia.

Somadoyo,S. 2011. Strategi dan Teknik dalam Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudijono, A.2014. Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta : Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryani,AI.2020. Faktor faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 115-125.

Sutisna, I. 2020. Statistika Penelitian.

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Bentuk Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim penyusun, 2020. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 FIP UNM. Unversitas Negeri Makassar.

Teguh, M. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. 18–26.

Umiyati, H. 2021. Populasi Dan Teknik Sampel (Fenomena Pernikahan dibawah Umur Masyarakat 5 . 0 di Kota / Kabupaten X).

Widayoko, A. 2018. Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based. Tatsqif, 16(1), 78–92.

Winata, Nana Triana. 2019. Membangun Gerakan Literasi Sekolah Melalui “Koper.” Onoma, 6(2), 584–592.

Yunianika, I. T. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. 3(4), 497–503.

Yusuf, A.M. 2020. Hubungan antara Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Yusuf, M. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Diktat. Kampus IAIN Palopo.


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats