Hubungan Pendampingan Belajar oleh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 217 Kampuno

Muh Idris Jafar(1), Saskia Damayanti(2*), Adnan K(3), Muhammad Amin(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.28858

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pendampingan orang tua terhadap siswa ketika belajar di rumah sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 217 Kampuno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 217 Kampuno dengan nilai thitung (1,86) lebih besar (>) nilai ttabel (1,68) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pendampingan belajar oleh orang tua akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Jadi, semakin baik pendampingan belajar yang dilakukan orang tua maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa pendampingan belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA AL-ISLAM Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2, 6.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak. Universitas Sanata Dharma.

Rohmat, Y. (2019). Hubungan Pendampingan Belajar Oleh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Matematika Kelas 5 SD N Kepuh Tahun Ajaran 2015/1016. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 9.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


Article Metrics

Abstract view : 519 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats