Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Watu

Makmur Nurdin(1*), Andi Tenri Pakkua Syam(2), Rosmalah Rosmalah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.27525

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu sebanyak 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian sebanyak 53 siswa yaitu kelas VA sebanyak 27 orang dan kelas VB sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (3.90653) > ttabel (1.67528) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signfikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Full Text:

PDF

References


Amran, M., & Muslimin. (2020). Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 130–134.

Fernanda, M. M., Afrizal, Z., & Mimi. (2012). Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Jurnal Konselor, 1(2), 1-7.

Fitri, A., Jafar, M. I., & Sudirman. (2021). Hubungan Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar IPS Ssiswa Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 198–205.

Jauhar, S., & Makmur, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Sovling dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1, 141–149.

Kolip, E. M. S., & Usman. (2011). Pengantar Sosiologi, Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.

Muhsin, H. N. K. (2018). Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar Kimia di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta.

Permen. Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021. , Pub. L. No. Nomor 57 Tahun 2021 (2021).

Rizky, A. M., Solihatin, & Timora. (2013). Hubungan Interaksi Sosial Siswa di Sekolah dengan Hasil Belajar Afektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal PPkn UNJ Online, 1.

Rosmalah. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 142–149.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 396 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats