Hubungan antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Asniar Asniar(1*), Adnan K(2), Muh Idris Jafar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27377

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi mengajar guru sehingga membuat motivasi belajar siswa menurun.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran variasi mengajar guru Sekolah Dasar, mengetahui gambaran motivasi belajar siswa Sekolah Dasar, dan hubungan antara variasi mengajar guru dengan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh gambaran Variasi Mengajar guru Sekolah Dasarberada pada kategori sedang dengan persentase 85% dan gambaran motivasi belajar siswa Sekolah Dasarberada pada kategori sedang dengan persentase 69%. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh rhitung0,463 ≥ rtabel 0,2133dengan signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variasi mengajar guru dengan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2015). Metode Penelitian. Universitas Terbuka.

Arianti. (2018). Pengembangan Variasi Mengajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. 7(1), 696–714.

Atriana, I., Dh, S., & Hafid, A. (2021). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 1(2), 182–192.

B.Uno, H. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya (Junwinanto (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Hasmiana, H., Mahmud, H., & Suci, M. (2018). Kemampuan Guru dalam Menggunakan Keterampilan Variasi Mengajar di SD Negeri 2 Mata Ie Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 155–160.

Idris, & Marno. (2014). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar (I. Muhsin (ed.)). Ar-ruz Media.

Irta Sari Yuliani. (2015). Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Dawungan 1 Tahun Ajaran 2014/ 2015.

Ismail, N., & Hartati Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial(Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendikia.

Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Titik, Lestari, E. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublihs.

Triwijayanto Teguh. (2015). Pengantar Pendidikan (Sri Hayati Yayat (ed.)).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun, & Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Tentang Guru dan Dosen. Pemerintah Indonesia, March, 25–27.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , kualitatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 863 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats