Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 22 Jeppe'e dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Satriani DH(1), Muhammad Amran(2), Lu'mu Taris(3), Muh. Syahrir Amin(4*),

(1) 
(2) 
(3) UNM
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.27220

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sd Negeri 22 Jeppe’e Kec.Tanete Riattang Barat Kab.Bone dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kemampuan berpikir kritis melalui soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e tergolong dalam kirteria sedang, berdasarkan analaisis olah data pengakategorian kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian tes dan wawancara yang diperoleh di antaranya: 1) Sebagaian besar subjek memiliki pengalaman belajar dalam mengerjakan soal atau permasalahan baik yang diperoleh melalui proses pembelajaran di kelas sehingga dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). 2) Nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu tinggi 13,51%, sedang 67,56% dan kurang 19,91 % dari keseluruhan sampel sebanyak 37 siswa. Nilai yang diperoleh hasil tes kemampuan berpikir kritis yaitu 70,33%, sehingga kemampuan berpikir krtisi siswa dikategrikan baik. dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pengalaman belajar


Full Text:

PDF

References


Amran, M. (2019). Pembelajaran Aktif Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 dI

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High order thinking skills ) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Prisma, 1, 170–176.

Karim, A. (2011).. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran

Kusmana. (2009). Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Pasal 1. (2003).

Qonita, N., & Sumardi. (2020). Konfersi Nasional Penelitian Matematikadan Pembelajaran (KNPNP) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

Zubaidah, S. (2010). Berfikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia,” January 2010, 11.


Article Metrics

Abstract view : 460 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats