Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SD Gugus IV Kabupaten Soppeng.

Muliadi Muliadi(1*), Sudarto Sudarto(2), Mujahidah Mujahidah(3), nurul khumairah(4),

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(4) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27122

Abstract


The problem in this study is how the availability and condition of physical education facilities and infrastructure in elementary school cluster IV Soppeng Regency. This descriptive qualitative research aims determine the availability of physical education facilities and infrastructure because affects students mastering the learning material. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusion. The results of this study indicate that the facilities and infrastructure of Physical Education in SD Cluster IV, Soppeng Regency are still not supportive enough to carry out Physical Education lessons properly.


Full Text:

XML

References


Alit. N. A. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 SD Negeri 22 Dauh Puri. 4(1)

Banurea, R. A., & Kinanta, O. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Haris, I. (2016). Manajemen fasilitas pembelajaran. Gorontalo: UNG Press.

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayah, A. 2017. Modifikasi Alat Permainan Woodball untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Manab, A. (2015). Penelitian pendidikan pendekatan kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Muliadi, (2019). Profil Sarana dan Prasarana Pengajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. 3(1), 37.

Muliadi, (2019). Peningkatan Hasil Belajar Guling Belakang Dengan Menerapkan Pendekatan PAIKEM Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone. 3(3), 242.

Muliadi, D. (2020). PKM Pelatihan Media Modifikasi Pendidikan Jasmani Bagi Guru - Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Di Kecamatan Cina kabupaten Bone. 22(2), 166–176.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Tujuan Pendidikan Jasmani

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Bermain/Berolahraga.

Rika, M. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi. 2(1), 636 ‐ 831.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Budi Utama.

Reski. (2020). Tingkat Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana di SD Gugus 1 Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Universitas Negeri Makassar. Skripsi.

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wirawan, T. (2010). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Se-Dabin IV Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Negeri Semarang. Skripsi.


Article Metrics

Abstract view : 302 times | XML view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats