Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
(1) FIP
(2) UNM
(3) UNM
(4) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27071
Abstract
valueof (3.1962) greater (>)
value (1.6741) which means H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the results of the study, it can be concluded that the teacher's communication skills will have an impact on students' learning motivation. So the better the teacher's communication skills, the better the students' learning motivation. From these conclusions, the impact resulting from this study is known that a good teacher's communication skills will increase students' learning motivation..
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Amran, M., & Asmah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep dasar IPA 2 Mahasiswa PGSD FIP UNM Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 14–18.
Amnur, A. R. (2017). Hubungan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Fiqih Kelas VIII di MTS Al Fajar Sei Mencirim. Skripsi. UIN Sumatera Utara.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, I. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran.
Lasompo, N., & Nadjamuddin, A. (2018). Pengaruh Komunikasi antara Guru dan Siswa Kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Skripsi. IAIN Sultan Amai.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.
Munirah. (2020). Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Padang: Insan Cendekia Mandiri.
Nur, H. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Nofrion. (2019). Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rayhan. (2019). Hubungan antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Murid SD Inpres Bontomanai Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah.
Rosmalah, R. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 142.
Sanjaya, W. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, B. H. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 417 times | PDF view : 81 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197