Hubungan Perhatian Orangtua dengan Hasil belajar Siswa Kelas IV Gugus II Jalin

KARMATANG KARMATANG(1*), Rukayah Rukayah(2), Sidrah Afriani Rachman(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24024

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah hubungan perhatian
orangtua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua
dengan hasil belajar siswa kelas IV Gugus II Jaling. Data diperoleh
dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas
IV Gugus II Jaling dengan t hitung (2,32467) > nilai t tabel
(1,68288) yang berarti bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua berdampak
terhadap respon siswa sehingga memengaruhi hasil belajar siswa
yang diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Adawiah Rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua

Dan Implikasinya terhadap Pendidikan

Anak. ULM Banjarmasi. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan vol 7 (1).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi

Program Pendidikan: Pedoman Teoritis

Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi

Pendidikan.

Emsir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan

Kuantitatif dan Kualitatif. Depok:PT

RajaGrafindo Persada.

Hamdanil. (2011). Hubungan Perhatian Orangtua

terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa.

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol.3

(1) Tahun 2020.

Kartika,Rahmawati. (2015). "Pengaruh Perhatian

Orangtua dalam Kegiatan Belajar

terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Sekolah Dasar di Daerah Binaan III

Kecamatan Kandang Serang Kabupaten

Pekalongan. Semarang: Universitas

Negeri Semarang

Koyimah, Eliyana. (2016). Hubungan perhatian

orang tua dengan hasil belajar IPS pada

siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar

Dewantara Kabupaten Semarang.

Universitas Negeri Semarang.

Mahmudi, Arifudin et.al. (2020).Hubungan

Perhatian Orang Tua Terhadp Hasil

Belajar Kognitif Siswa. Universitas PGRI

Semarang. Jurnal Pedagogi dan

Pembelajaran vol 3 (1).

Nanda, Aris et.al. (2016). Hubungan Perhatian

Orangtua dengan Prestasi Belajar PKn

pada siswa MTsN Tungkob. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan

Unsyiah Vol 1(1).

Nur. (2015). Peran Orang Tua dalam Memotivasi

Belajar Siswa. Bandung: Alfabeta.

Pada, Amir. (2021). Pengaruh Pola Asuh

Orangtua terhadap hasil belajar siswa

kelas IV Sekolah Dasar, JIKAP PGSD:

Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5 (1),

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010

Tentang Pengelolaan Dan

Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta :

Sekertaris Negara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuanttatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sumantri Yesa Sitti, Astri Sutisnawati & Arsyi

Rizgia Amalia. (2020). Analisis hasil

belajar IPA dalam pembelajaran Daring di

SDN Tanjungsari. JIKAP PGSD: Jurnal

Ilmiah Ilmu Kependidikan vol 5 (3), 228.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Rosmalina. (2016). Psikologi Belajar.

Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Yusmanto,Bagus. (2014). Pengaruh Orang Tua

Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-

Qur'an Siswa Kelas VIII Mts Nu 17 Kyai

Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran

/2014. Institut Agama Islam Negeri

Walisongo Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats