Hubungan Perhatian Orangtua dengan Hasil belajar Siswa Kelas IV Gugus II Jalin
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24024
Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah hubungan perhatian
orangtua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua
dengan hasil belajar siswa kelas IV Gugus II Jaling. Data diperoleh
dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas
IV Gugus II Jaling dengan t hitung (2,32467) > nilai t tabel
(1,68288) yang berarti bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua berdampak
terhadap respon siswa sehingga memengaruhi hasil belajar siswa
yang diperoleh.
Full Text:
PDFReferences
Adawiah Rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua
Dan Implikasinya terhadap Pendidikan
Anak. ULM Banjarmasi. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan vol 7 (1).
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi
Program Pendidikan: Pedoman Teoritis
Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi
Pendidikan.
Emsir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan
Kuantitatif dan Kualitatif. Depok:PT
RajaGrafindo Persada.
Hamdanil. (2011). Hubungan Perhatian Orangtua
terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa.
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol.3
(1) Tahun 2020.
Kartika,Rahmawati. (2015). "Pengaruh Perhatian
Orangtua dalam Kegiatan Belajar
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Sekolah Dasar di Daerah Binaan III
Kecamatan Kandang Serang Kabupaten
Pekalongan. Semarang: Universitas
Negeri Semarang
Koyimah, Eliyana. (2016). Hubungan perhatian
orang tua dengan hasil belajar IPS pada
siswa kelas V SDN di Gugus Ki Hajar
Dewantara Kabupaten Semarang.
Universitas Negeri Semarang.
Mahmudi, Arifudin et.al. (2020).Hubungan
Perhatian Orang Tua Terhadp Hasil
Belajar Kognitif Siswa. Universitas PGRI
Semarang. Jurnal Pedagogi dan
Pembelajaran vol 3 (1).
Nanda, Aris et.al. (2016). Hubungan Perhatian
Orangtua dengan Prestasi Belajar PKn
pada siswa MTsN Tungkob. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan
Unsyiah Vol 1(1).
Nur. (2015). Peran Orang Tua dalam Memotivasi
Belajar Siswa. Bandung: Alfabeta.
Pada, Amir. (2021). Pengaruh Pola Asuh
Orangtua terhadap hasil belajar siswa
kelas IV Sekolah Dasar, JIKAP PGSD:
Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5 (1),
Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010
Tentang Pengelolaan Dan
Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta :
Sekertaris Negara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuanttatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta.
Sumantri Yesa Sitti, Astri Sutisnawati & Arsyi
Rizgia Amalia. (2020). Analisis hasil
belajar IPA dalam pembelajaran Daring di
SDN Tanjungsari. JIKAP PGSD: Jurnal
Ilmiah Ilmu Kependidikan vol 5 (3), 228.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Wahab, Rosmalina. (2016). Psikologi Belajar.
Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Yusmanto,Bagus. (2014). Pengaruh Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-
Qur'an Siswa Kelas VIII Mts Nu 17 Kyai
Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran
/2014. Institut Agama Islam Negeri
Walisongo Semarang.
Article Metrics
Abstract view : 159 times | PDF view : 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197