Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi

Musyfika Rahma(1*), Abd. Hafid(2), Sudirman Sudirman(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24020

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah hubungan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan minat siswa kelas tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan mengetahui hubungan yang signifikan antara Keterampilan Dasar Mengajar guru dengan minat belajar siswa kelas tinggi. Data hasil penelitian diperoleh dengan pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian terdapat hubungan hubungan yang signifikan antara Keterampilan Dasar Mengajar guru dengan minat belajar siswa kelas tinggi dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05 sehingga  diterima dan  ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan semakin baik Keterampilan Dasar Mengajar guru akan meningkatkan minat belajar siswa begitupun sebaliknya semakin rendah Keterampilan Dasar Mengajar guru maka semakin rendah pula minat belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut dampak yang dihasilkan penelitian ini dapat diketahui bahwa Keterampilan Dasar Mengajar Guru yang baik akan meningkatkan minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Djaali, Haji. 2011. Psikologi Pendidikan. Edisi 1. Tarmizi. Jakarta: Bumi Akasara.

Fadhila, Saly. 2019. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Islam Al Fatih Desa Ciburuy Kabupaten Bogor. Skripsi. Jakarta:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.

Helmiati. 2013. Micro Teaching. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Jubilee, Enterprise. 2018. SPSS Komplit untuk Mahasiswa. Jakarta: PT. Elex Media Kompitindo.

Lestyorini. 2018. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa SD Negeri Parigikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Vol 4(2): 60-70

Mulyasa. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnama, Asrin, Jiwandono. 2021. Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Daring Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 5(2):196

Rosmalah, Hasdiana, Satriani. 2019. Pengaruh Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 3(3):205

Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sudirman. 2020. Kompetensi Dasar Mengajar, Bahan Ajar. PGSD Bone

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 28. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Dadang. 2012. Micro Teaching. Edisi Revisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Syah, Muhibbin. 2019. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wahyulestari, dan Mas Roro. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi: Universitas Muhammadiyah.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 571 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats