Hubungan antara Besar Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Gugus 22

Ika Rahmatang(1*), Muliadi Muliadi(2), Sudarto Sudarto(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24007

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara besar pendapatan orang tua dan motivasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah besar pendapatan orang tua sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus 22 Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng sebanyak 54 siswa, sedangkan sampelnya adalah seluruh anggota populasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket kepada sampel penelitian. Teknik analisis data yaitu pengujian prasyarat analisis  dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pendapatan orang tua dan motivasi belajar siswa kelas IV Gugus 22 Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng berada dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh thitung ≥ ttabel. Karena itu dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara besar pendapatan orang tua dan motivasi belajar siswa kelas IV Gugus 22 Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Djaali, H. (2015). Psikologi Pendidikan (Edisi 9). PT Bumi Aksara.

Lutfi, M. S. & R. P. (2013). Sisi-sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru (1st ed.). Universitas Brawijaya Press.

Muh. Khalifah Mustami. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Arti Bumi Intaran.

Musfirah, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Mahasiswa PGSD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 332. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.15012

Nasional, D. . . (2003). Undang-Undang Nomo 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 76, 147–173.

Ni’Mah. (2016). Peranan Orang Tua dalam Membimbing Anak untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Institut Agama Isla Negeri Palangka Raya.

Nur, H. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Tanete Riattang Barat kabupaten Bone. Universitas Negeri Makassar.

Pradana, G. (2013). Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). STATISTIKA PENDIDIKAN : Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. In Journal of Visual Languages & Computing, CV. WIDYA PUSPITA (Vol. 11, Issue 3).

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, A. (2012). Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Smk N 7 Yogyakarta Tahun 2012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Wardani, D. S. (2017). HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS R . A KARTINI KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG Oleh : Universitas Negeri Semarang.

Yusuf, A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Peneltian Gabungan (Edisi 1). Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 247 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats