Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)

Satri Ayu(1*), Rukayah Rukayah(2), Sidrah Afriani Rachman(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.24004

Abstract


Masalah dalam peneilitan ini adalah adanya perbedaan pendapat guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran daring mulai dari pelaksanaan, dampak(kelebihan&kekuranngan), dan kesan yang dirasakan selama pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran Daring, dampak (kelebihan & kekurangan) pelaksanaan pembelajaran daring, dan kesan yang dirasakan guru kelas selama pembelajaran Daring. Hasil penelitian ini mengungkapkan deskripsi persepsi guru kelas mengenai pelaksanaan, dampak (kelebihan & kekurangan), dan kesan terhadap pembelajaran daring. Mayoritas guru kelas menanggap bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sudah tepat dilaksanakan. Akan tetapi, masih banyak kendala/kekurangan dalam pelaksanaanya seperti, jaringan dan fasilitas untuk pembelajaran daring masih terbatas. Selain itu, terdapat kelebihan dari pelaksanaan pembelajaran daring seperti meningkatkan kemampuan pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam memanfatakan teknlogi. Adapun kesan yang dirasakan guru kelas adalah memberikan dampak positif dan negatif serta memberikan rasa suka duka selama pembelajaran. Berdasarkan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif diterapkan karena pembelajaran daring membuat tujuan pembelajaran tidak tersampaikan sepenuhnya kepada peserta didik. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa persepsi guru kelas terhadap pembelajaran daring berbeda satu sama lain dan pelaksanaan pembelajaran daring memiliki banyak kendala.

Masalah dalam peneilitan ini adalah adanya perbedaan pendapat guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran daring mulai dari pelaksanaan, dampak(kelebihan&kekuranngan), dan kesan yang dirasakan selama pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran Daring, dampak (kelebihan & kekurangan) pelaksanaan pembelajaran daring, dan kesan yang dirasakan guru kelas selama pembelajaran Daring. Hasil penelitian ini mengungkapkan deskripsi persepsi guru kelas mengenai pelaksanaan, dampak (kelebihan & kekurangan), dan kesan terhadap pembelajaran daring. Mayoritas guru kelas menanggap bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sudah tepat dilaksanakan. Akan tetapi, masih banyak kendala/kekurangan dalam pelaksanaanya seperti, jaringan dan fasilitas untuk pembelajaran daring masih terbatas. Selain itu, terdapat kelebihan dari pelaksanaan pembelajaran daring seperti meningkatkan kemampuan pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam memanfatakan teknlogi. Adapun kesan yang dirasakan guru kelas adalah memberikan dampak positif dan negatif serta memberikan rasa suka duka selama pembelajaran. Berdasarkan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif diterapkan karena pembelajaran daring membuat tujuan pembelajaran tidak tersampaikan sepenuhnya kepada peserta didik. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa persepsi guru kelas terhadap pembelajaran daring berbeda satu sama lain dan pelaksanaan pembelajaran daring memiliki banyak kendala.


Full Text:

PDF

References


Anggianita, Sonia, and Muhammad Syahrul Rizal. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182.

Arifin AS., Sukati. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi Covid-19. LITERASI, XI(2), 150–158.

Bilfaqih, Yusuf, and Nur M Qomaruddin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublis publisher.

Hayati, Sri. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif. Magelang: Graha Cendekia.

Kemendikbud. 2013. “Permenkes RI Nomor 109 Tahun 2013.” : 1–8.

Magdalena I., dkk. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran daring (E-Learning) Siswa Kelas IV SDN Sangiang Jaya pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Sosial dan Sains (SOSAINS), 1(2), 53–62.

Moleong, Lexy j. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Nurul Padilah, R., Nurrochmah, A.,& Azwar Uswatun, D. (2020). Persepssi Guru Terhadap Media Pop-Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Tanjungsari. JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 258.

Primasari & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1),64-73.

Rachim, Elvania. (2020). Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Republik Indonesia, Kemendikbud. (2020). “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), 300.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. ed. Antasari Press. Banjarmasin.

Rosmalah, R. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 142.

S Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, and Anwar Mujahidin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.


Article Metrics

Abstract view : 405 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats