HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 12 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

ade sahvira(1*), Abd Hafid(2), Sudirman Sudirman(3),

(1) FIP UNM
(2) FIP UNM
(3) FIP UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.23635

Abstract


The problem in this research is the lack of student motivation towards online learning. This research is a quantitative study with a correlation design which aims to determine 1. the description of the online learning process at SD Negeri 12 Manuruge, the relationship between online learning and the learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 12 Manuruge. 2. An overview of the learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 12 Manuruge. 3. The relationship between online learning and learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 12 Manuruge. The results showed that there was a significant relationship between online learning and the learning motivation of fifth grade students at SD 12 Manuruge with a thitung value (4.1375) greater (>) ttable value (0.671953) which means H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the analysis of the data above, it can be concluded that the online learning process will have an impact on the mindset of students in learning so that it will affect their learning motivation in the classroom. So, the better the online learning process, the better the students' learning motivation.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1).

Adijaya, N. 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online* *Pengembangan teori dari penelitian berjudul “persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online” yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Safruddin Abdul. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Asriadi. 2021. Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Kolaborasi dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol, 5. No, 2

Belawati Tian. 2019. Pembelajaran online. Banten: Universitas Terbuka.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Fitriyani, Y., Fauzi , & Zultrianti Sari. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol.6, No.2

Lestari, E. T. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar.Yogyakarta: Deepublish.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. 2020. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah (Pertama). CV Sarnu Untung.

Prawira, P. A. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prianto, A. dan T. H. P. 2017. Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua yang Dirasakan terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM), Vol.1, No.

Purnomo,P dan Palupi, M. S. 2016. Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151–157.

Rachim Elvania. 2020. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Desa Krincing Secang Magelang. Skripsi

Rahmah. 2019. Distribusi Frekuensi. Internet. http://rumus.co.id?distribusi-frekuensi

Rusman,dkk.2011.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Rajawali press

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sinambela, L. P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumantri, M. S. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Varus Desease (COVID 19). 24 Maret, 2020.


Article Metrics

Abstract view : 288 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats