Hubungan Manajemen Waktu Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 90 Mattumpu
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.23521
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam manajemen waktu belajar sehingga masih ada siswa yang biasa terlambat masuk belajar, kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas dan kurang memprioritaskan waktu belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 90 Mattumpu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 90 Mattumpu dengan nilai thitung (5,843656848) lebih besar (>) ttabel (1,67591) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu belajar berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Jadi semakin baik manajemen waktu belajar yang diterapkan maka semakin meningkat pula prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Manajemen Waktu Belajar, Prestasi Belajar, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian
Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.
Depok: Rajagrafindo Persada.
Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan (13 ed.). Depok: Raja
Grafindo Persada.
Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan
Pemahaman Manajemen Waktu
Melalui Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Problem Solving pada Siswa.
Journal Management System, 5, 24–
Pada, A. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal
Ilmiah Ilmu Kependidikan Pengaruh
Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
JIKAP PGSD, 5, 375–386.
Padmara, T. Y., Herlina, A., Hadiyanti, D.,
& Saptoro, A. (2021). JIKAP PGSD :
Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Implementasi Model Pembelajaran
Kuantum untuk Meningkatkan Sikap
Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa.
JIKAP PGSD, 5(1), 332–343.
Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Manajemen
Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung
Raja. SKRIPSI.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R.
(2019). PRESTASI BELAJAR (H.
Sa’diyah, Ed.). Malang: Literasi
Nusantara.
Rusyadi, S. H. (2012). Hubungan Antara
Manajemen Waktu dengam Prestasi
Belajar pada Mahasiswa. Skripsi, 5–6.
Sari, I. K. (2019). PENGARUH
MANAJEMEN WAKTU BELAJAR
PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN
SALATIGA 05 TERHADAP NILAI
RAPORT. 02 (September).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar
Metodologi Penelitian. Yogyakarta:
Literasi Media Publishing.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Fakto
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K.
(2018). Studi Tentang Prestasi Belajar
Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan
Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal
Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115.
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003. Sistem Pendidikan
Nasional.
Wuri, R. (2017). PengaruhPengaruh
Manajemen waktu belajar dan
motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar siswa kelas V di SDN
Tamanagung 2 Muntilan Magelang
Jawa Tengah Semester II Tahun
ajaran 2016/2017 (hal. 75). hal. 75
Article Metrics
Abstract view : 2297 times | PDF view : 260 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197