Hubungan Manajemen Waktu Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 90 Mattumpu

Isna Sahriah(1*), Rosmalah Rosmalah(2), Makmur Nurdin(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.23521

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam manajemen waktu belajar sehingga masih ada siswa yang biasa terlambat masuk belajar, kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas dan kurang memprioritaskan waktu belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 90 Mattumpu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 90 Mattumpu dengan nilai thitung (5,843656848) lebih besar (>) ttabel (1,67591) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu belajar berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Jadi  semakin baik manajemen waktu belajar yang diterapkan maka semakin meningkat pula prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Manajemen Waktu Belajar, Prestasi Belajar, Siswa


Full Text:

PDF

References


Emzir. (2017). Metodologi Penelitian

Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.

Depok: Rajagrafindo Persada.

Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu

Pendidikan (13 ed.). Depok: Raja

Grafindo Persada.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan

Pemahaman Manajemen Waktu

Melalui Bimbingan Kelompok Dengan

Teknik Problem Solving pada Siswa.

Journal Management System, 5, 24–

Pada, A. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal

Ilmiah Ilmu Kependidikan Pengaruh

Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

JIKAP PGSD, 5, 375–386.

Padmara, T. Y., Herlina, A., Hadiyanti, D.,

& Saptoro, A. (2021). JIKAP PGSD :

Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan

Implementasi Model Pembelajaran

Kuantum untuk Meningkatkan Sikap

Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa.

JIKAP PGSD, 5(1), 332–343.

Pratiwi, S. (2018). Pengaruh Manajemen

Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung

Raja. SKRIPSI.

Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R.

(2019). PRESTASI BELAJAR (H.

Sa’diyah, Ed.). Malang: Literasi

Nusantara.

Rusyadi, S. H. (2012). Hubungan Antara

Manajemen Waktu dengam Prestasi

Belajar pada Mahasiswa. Skripsi, 5–6.

Sari, I. K. (2019). PENGARUH

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR

PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN

SALATIGA 05 TERHADAP NILAI

RAPORT. 02 (September).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar

Metodologi Penelitian. Yogyakarta:

Literasi Media Publishing.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Fakto

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K.

(2018). Studi Tentang Prestasi Belajar

Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan

Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal

Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115.

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003. Sistem Pendidikan

Nasional.

Wuri, R. (2017). PengaruhPengaruh

Manajemen waktu belajar dan

motivasi belajar siswa terhadap

prestasi belajar siswa kelas V di SDN

Tamanagung 2 Muntilan Magelang

Jawa Tengah Semester II Tahun

ajaran 2016/2017 (hal. 75). hal. 75


Article Metrics

Abstract view : 2297 times | PDF view : 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats