Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur

Widya Hariani(1*), Abd Kadir, A(2), Rahmawati Patta(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i2.23518

Abstract


Abstrak; Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kompetensi sosial guru dalam prpses pembelajaran sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur dengan nilai 14thitung">  (5,19287) lebih besar (>) nilai   14ttabel">  (1,65694) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru akan berdampak terhadap motivasi belajar siswa. Jadi Ketika guru memiliki kompetensi sosial yang baik maka dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Selain itu, ketika guru memiliki kompetensi sosial yang baik diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa kompetensi sosial guru akan meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats