PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KERJA BANGKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN SMKN 10 MAKASSAR

Rusli Ismail(1*), Ashar Pramono(2), Hamza Nur(3),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.59958

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sarana dan prasarana laboratorium kerja bangku terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin SMKN 10 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana laboratorium kerja bangku, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMKN 10 Makassar, sedangkan sampelnya yaitu peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan sebanyak 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan terkait variabel bebas sedangkan data penelitian variabel terikatnya diambil dari nilai akhir peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi atau P = 0,003 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana laboratorium kerja bangku berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin SMKN 10 Makassar.


Keywords


Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Adolf Bastian, & Reswita. (2022). Model Dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: Adanu Abimata.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Duwi, H., Sefrika , M., Sahala , T. H., & Mulyani , R. M. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Pekanbaru: Hawa dan Ahwa.

KBBI. (2005). Pusat Bhasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif . Tasikmalaya: Edu Publisher.

Lalu Muhammad, N. W. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Miksan, A. (2019). Dimensi HAM dalam Undang-Undang SIstem Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003. Kediri: IAIFA PRESS.

Mulyasa. (2004). Implemntasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar, H. (1995). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2008). Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutiah. (2019). Pengembangan Pembelajaran Hybrid Learning: Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab. Sidoarjo: Nizmia Learning Center.

Teguh , A. S. (2020). Kumpulan Materi Ajar Kreatif. Malang: Multimedia Edukasi.

Yohanes Andik Permadi, Ramen A Purba, Agung Nugroho Catur Saputro, Suvriadi Panggabean, Emmi Silvia Herlina, Nur Kholifah, Ahmad Fauzi. (2021). Pengantar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Deepublish.

Rochman, F. M. (2012). Pengaruh modul terhadap prestasi mata pelajaran kerja bangku pada siswa kelas X jurusan teknik mesin SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2011/2012 (Laporan Penelitian). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 2 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.59958.g26456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License