HUBUNGAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERANCANGAN MESIN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNM

Fiskia Rera Baharuddin(1*), Zulkifli Zulkifli(2),

(1) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i2.56488

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a). hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis powerpoint dengan hasil belajar mahasiswa. (b). Gambaran hasil belajar perancangan Mesin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan jumlah responden sebanyak 94 mahasiswa yang telah melulusi mata kuliah perancangan mesin. Penelitian ini dilaksananakan dijurusan pendidikan teknik mesin fakultas teknik universitas negeri Makassar. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi dan angket. Data penelitian diperoleh dengan instrumen angket dan dokumentasi. Menggunakan analisis data yang digunakan nilai rata-rata, menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment Hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya ada hubungan positif dan signifikan dari hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis powerpoint dengan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Hubungan Pemanfaatan Multimedia berbasis Powerpoint dengan hasil belajar mata kuliah Perancangan Mesin pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dimana r hitung 0.250 > r tabel 0.202. Hasil tersebut jika disesuaiakan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi maka berada pada interprtasi rendah, dengan besar nilai r berada pada rentang 0,20 – 0,40. Hubungan Pemanfaatan multimedia berbasis powerpoint terhadap hasil belajar mata kuliah Perancangan Mesin sebesar 6.25%, Sedangkan sisanya yaitu 93.75% tidak dijelaskan dalam penelitian ini..


Keywords


Multimedia, Powerpoint, Hasil Belajar, Perancangan Mesin.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Karim H. (2007). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arsyad , Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Grounlund, Nourman E dan Linn, Robert L .(1985). Measurement and Evaluation in Teaching. Bentuk Tes dan Tingkah Laku Belajar (Online) https://sulipan.wordpress.com/2012/01/17/bentuk-tes-dan-tingkah-laku-belajar/ (diakses pada tanggal 30 Juli 2019)

Hamalik, Oemar. (2000). Psikologi Belajar dan Manager. Bandung : Sinar Baru Algessindo

Hernawan Herry. (2007). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Upi Press, Bandung.

Hasan .(1999). Pearson Product Moment (Online) https://www.coursehero.com/file/p3cn55n/Menurut-Hasan-1999-korelasi adalah-pearson-product-moment-adalahalat-uji/ (diakses pada tanggal 30 Juli 2019)

Heinich dan Molenda (2009). Media Pembelajaran (Online) https://webmediapembelajaran.wordpress.com/2016/12/30/heinich/ (diakses pada tanggal 30 Juli 2019)

Kurniawati, Inung Diah dan Sekreningsih Nita. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology.1(2). Hal 69

Monemi, Regina Lufri, Irma Leilani. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point. Journal Biosains Volume. 1(2).Hal. 253

Miarso. (2004) . Media Pembelajaran menurut para ahli (Online) http://ahmadpadhillah.blogspot.com/2013/04/media-pembelajaran-menurut-ahli.html (diakses pada tanggal 30 Juli 2019)

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Rayandra Asyar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada Press. Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. Rudy Bretz, (1971). Teknologi Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : C.V. Rajawali

Sudjana,(1996). Metode Statistika, Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono.(2003). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B & Nina Lamatengngo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winkel (1999). Para ahli psikologi banyak mengemukakan tentang pengertian belajar,(Online) https://docplayer.info/34799385-Bab-ii-landasan-teoritis-para-ahli-psikologi-banyak-mengemukakan-

tentang-pengertian-belajar.html (diakses pada tanggal 30 Juli 2019)

Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajran; Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press: Ciputat.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License