PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP PADA MEDIA POWER POINT DAN PREZI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

A. Ramli Rasyid(1*), Naufal Chalik Amri(2),

(1) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i2.56463

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar korespondensi antara Mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Power Point dan Mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Prezi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental design dengan menggunakan bentuk posttest-only eksperimen design. Subjek penelitian yakni Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar sebanyak 32. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan penilaian yang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan posttest terhadap sejumlah Mahasiswa Jurusan Tehnik Mesin Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Prezi mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada Mahasiswa yang diajar dengan menggunakan Power Point. Pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran aplikasi Prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi Prezi. Hal tersebut berdasarkan nilai thitung = 1,942 lebih besar dari ttabel = 1,669 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi 0,035 lebih kecil dari 0,05 (0,035 ˂ 0,05).


Keywords


Penguasaan konsep, Media Power Point dan Prezi

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

_______________ . (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Adzar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aziza, A.N. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Brock, Sabra & Brodahl, Cornelia. (2013). A Tale of Two Cultures: Cross Cultural Comparison in Learning the Prezi Presentation Software Tool in the US and Norway. Journal of Information Technology Education: Research, 12, 95-119.

Cahyawati. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Standar Kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates. Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Christiawan, Pratomo Adhi. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Clarke, Todd. (2012). The Zooming Presentation. Halaman 1. Diakses Kamis, 22

Februari 2018. Pukul 11.00 WIB

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_________. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005, Guru dan Dosen.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Embi, Muhammad. (2011). Aplikasi Web 2.0 dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Selangor: Universitas Kebangsaan Selangor. 104

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Gramedia.

Kustandi, C & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ling, Y.C., Ming, L.L., Tong, C.S., et al. (2013). The Impact of Power Point on Undergraduates’ Technical Communication Achievement. Journal of Procedia-Social and Behavioral, 103, 1088-1092. Diakses Kamis, 22 Februari 2018. Pukul 11.30 WIB

Megawati, Ayuni Dewi. (2015). Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Munadi, Yudhi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurcahyo, Prasetyo Adhi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadao Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi di SMK N 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Perron, Brian E & Stearns, Alyson G. (2010). A Review of A Presentation Technology: Prezi. Journal of Research on Social Work Practice. Diakses Selasa, 20 Februari 2018. Pukul 20.45 WIB.

Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdakarya, Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusyfian, Zurahmah. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini untuk Pelajar, Mahasiswa dan Pebisnis. Bandung: Informatika.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Saputra, I.P.T. (2011). Prezi the Zooming Presentations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sari, Desri Puspita. (2013). Efektivitas Penggunaan Multimedia Prezi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: UNY.

Slamet dan Sutono, Syahban. (1996). Surat Menyurat Kelompok Bisnis dan Manajemen. Surakarta: CV Seti-aji.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudarmono. (2013). Korespondensi 1. Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmowati, Dewi. (2017). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi dan Power Point terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Surakarta: UNS

Supriana, Euis. (2004). Melakukan Pekerjaan Surat Menyurat. Bandung: CV Armico.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Persada Press.

White, Nicole L. (2011). Prezi V. Power Point: Finding the Right Tool For the Job. New York: State University of New York Institute of Technology. Diakses Selasa, 20 Februari 2018. Pukul 20.30 WIB.

Widyianto, Agus. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sistem Pengisian di SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Wuryandani, Wuri. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License