ANALISIS PENYEBAB PENGHAMBAT PENYELESAIAN SKRIPSI TERHADAP MASA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nurlaela Latief(1*), Ashar Pramono(2), Al Habradi(3),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.47340

Abstract


Penelitian ini bertujuan ntuk memberikan gambaran terkait faktor-faktor penghambat penelesaian studi pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menghambat mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar dalam penyelesaian skripsi. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan studi dokumentasi, angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dalam bentuk penyajian tabel kecendrungan dan pie chart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar yaitu terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor yang paling dominan antara lain (1) faktor internal yaitu faktor kemampuan menulis (50%) dan faktor kesibukan (65%). (2) faktor eksternal yaitu faktor bimbingan (44%). Kata Kunci: Skripsi, Penyelesaian Studi, dan Masa Studi Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. (2018). Menulis karya ilmiah. PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2018). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Dwi Widya Ningrum, (2011). “Hubungan Antara Optimisme Dan Coping Stres Pada Mahasiswa UEU Yang Sedang Menyusun Skripsi,” Psikologi Esa Unggul 9, no. 1 (41–47).

Hadi, Sumasno. (2016). “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi,” Ilmu Pendidikan 2, no. 1:74.

Hariyati, Rini Maryuni. (2012). Survei Kinerja Dosen Pembimbing Skripsi dan Kualitas Skripsi Mahasiswa Akuntansi STIE Malakucecwara. Semarang: UNS

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning, Metode, Teknik, dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iriana, Fristian. (2016). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Khumas, A, dkk .(2021). Panduan Penulisan Skripsi. Fakultas Psikologi: Universitas Negeri Makassar

Kiki, Anggun Saputri. (2019). “Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019,” Journal Of Guidance And Conseling 4, no. 1 (2020): 2020. 107.

Mardiyah, I.(2022). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Maryeni, Masnur Muslich. (2009). Bagaimana Menulis Skripsi. Jakarta: Bumi Aksara

Pasaribu, M. X. N., Harlin, H., & Syofii, I. (2016). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universtas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(1).

Pramana, Rully Charitas Indra. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Pembelajaran Berbasis Riset). Tanggerang

Qorib, M., Zailani, S. P. I., Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2022). Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU (Vol. 1). Umsu Press.

Rakhmat. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Retno Yuli Hastuti, Anis Sukandar, and Tri Nurhayati. (2016). “Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di STIKES Muhammadiyah Klaten,” Jurnal Motorik 11, no. 22: 9–21.

Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Santya, Khaudia Rhintan. (2016). Studi Deskriptif Manajemen Waktu Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Yogyakarta: USD Yogyakarta.

Sarwono. (1997). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi. Yogyakarta: Andi Yogya: 193

Sitorus, H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan (Doctoral Dissertation, Unimed).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soejipto & Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta

Sulasteri, S. R. I., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Uin Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Idaarah, 3(1), 96-113.

Sulasteri, S. R. I., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Uin Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Idaarah, 3(1), 96-113.

Sutrisno, Hadi. (1991). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Uno, Hamzah B. & Satria Koni. (2012). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 224 times | PDF view : 42 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.47340.g22382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License