EVEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MINAT BELAJAR SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PTM FT UNM

A. Muhammad Idkhan(1), Andi Muhammad Irfan(2), Iswahyudi Indra Putra(3*),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultasi Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46815

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring pada minta belajar serta dampaknya terhadap kemandirian belajar Mahasiswa PTM FT UNM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 70 mahasiswa. Populasi dan Sampel Penelitian diambil dari mahasiswa Aktif Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNM. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Dokumentasi. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa besarnya R square (R2) adalah 0,133. Angka tersebut mengungkapkan bahwa besarnya pengaruh pembelajaran Daring dan Minat belajar terhadap Kemandirian belajar secara simultan sebesar 86,7%. sementara itu, sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Berkaitan dengan hal tersebut, dapat kita simpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sangat berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar serta berdampak terhadap kemandirian belajar, oleh karena itu, setiap mahasiswa yang memiliki minat belajar yang tinggi tentunya dapat memiliki kemandirian belajar yang baik dalam meningkatkan keterampilannya sesuai dengan bidang keahliannya.


Keywords


pembelajaran daring, minat belajar, kemandirian belajar, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aini, Pratistya Nor dan Taman, Abdullah. 2012. Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips SMA N 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1): 48-65.

Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020. (Online) Tersedia :https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99.

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Budiman, M. H., & Budi, U. L. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016.1.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djodi Restyo Putro. (2011). Studi Komparasi Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN di SMPN 3 Prambanan Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technology for learning. Pearson Education Ltd.

Irmayanti, Ayu. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa kelas VII di MTs An Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto. http://ejurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/view/58. Diakses 20-1-2016.

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Poerwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, Ericha Windhiyana. (2020). The Impact of Covid-19 on Online Learning Activities of a Christian University in Indonesia. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 34 Issue 1 April 2020. (Online) Tersedia :http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921/8585 http://doi.org/10.21009/PIP.341.1 (Diakses : 25 Juni 2020)

Suhendri, Huri dan Mardalena, Tuti. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2): 105-114.

Zamnah, L. N. 2017. Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Riset Dan Matematika: Vol. 1, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 19 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46815.g21988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License