EFEKTIVITAS MEDIA JOBSHEET UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN KECANTIKAN DASAR SISWA SMK NEGERI 6 MAKASSAR

Andi Nur Maidah(1*), Izmi Burhanuddin(2),

(1) Pendidikan Kesehjateraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Kesehjateraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46807

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriftif, untuk memberikan gambaran media jobsheet sebagai bentuk proses pembelajaran dalam memperoleh tiga rana yaitu aspek  kognif, aspek afektif dan aspek psikomotor dalam pembelajaran kecantikan dasar pada siswa SMKN 6 MAKASSAR untuk memudahkan penyampaian materi baik teori maupun praktik,   yang dapat  dijadikan pegangan kepada pendidik dan siswa  di dalam kelas.  Media yang digunakan dalam proses pembelajaraan ini berupa  jobsheet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat efektivitas dengan menggunakan Jobsheet dalam pembelajaran Kecantikan Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data tes, kuisioner, observasi, dan dokumentasi serta analisis data presentasi. Dari hasil penelitian bahwa pencapaian kompetensi siswa  dalam pembelajaran kecantikan dasar adalah 65.00% atau 25 siswa yang memenuhi KKM, siklus I mengalami peningkatan 75.25% atau 35 siswa dan siklus ke II menjadi 81.52% atau 100%, karena pada siklus II semua siswa yang berjumlah 50 orang dinyatakan mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70% Frekuensi pendapat siswa tentang efektivitas penggunaan media jobsheet menunjukan bahwa 97.05%  sangat setuju dan 2.95%.  setuju. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penggunaan media jobsheet keefektifan media dalam pelaksanaan proses pembelajarannya sangat bermanfaat dan menguntungkan untuk pencapaian kompetensi pada pembelajaran kecantikan dasar siswa SMKN 6 MAKASSAR

Keywords


Efektifitas, jobsheet, kompetensi, kecantikan dasar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2018. Media Pembelajaran. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi Raja Grafindo Persada.

Dermawan 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/29123

Firdaus. 2021. Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran. https://scholar.google.com/scholar

Rustam & Mundilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidika Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabet

Suhardjono, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Simanjuntak, Aviva Sari Octavia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakaan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus Cikatri Kelas XI di SMK Negeri 8 Medan. http://digilib.unimed.ac.id/47171

Sudjana. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto 2010. Mendesain Model Pembelajaran Yang Inovatif-Progresif. Jakart Perdana Media Group


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 18 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46807.g22014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License