HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PELURUSAN RAMBUT MAHASISWA PKK KONSENTRASI TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Israwati Hamsar(1*), Rusli Ismail(2), Nurlaela Latif(3),

(1) Pendidikan Kesehjateraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46668

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah pelurusan rambut. Kemandirian belajar merujuk pada kemampuan seorang individu untuk mengatur dan mengendalikan proses belajar secara mandiri tanpa bantuan eksternal yang signifikan. Prestasi belajar mengacu pada hasil yang dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah pelurusan rambut, termasuk pemahaman konsep, keterampilan praktis dan keberhasilan dalam mengaplikasikan teknik pelurusan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian survey dengan melakukan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan keluarga kekhususan tata rias angkatan 2019 yang sebelumnya telah mengikuti dan mengambil mata kuliah pelurusan rambut, sampel yang digunakan ialah sebanyak 22 orang mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga kekhususan tata rias, teknik penarikan sampel yang digunakan ialah menggunakan teknik purposive sampling, teknik analisis data yang dilakukan dengan melakukan uji regresi dan korelasi hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif angtara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah pelurusan rambut.

 

Kata kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Pelurusan Rambut, Tata Rias.


Full Text:

PDF

References


Abu Muhammad & Abdullah. (2008). Prestasi Belajar. http://spesialis- torch.com

Mutia & Safitri. (2021). Hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah tata rias. Jurnal Pendidikan Kecantikan, 10(2), 112–125.

Pratama & Sari. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Online, 4(1), 45–58.

Sujana & Rosmiati. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Makassar.

Zumbrunn, Sharon, & Joseph Tadlock. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in The Classroom: A Review of The Literature. MERC : Virginia Commonwealth University., 4.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 40 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.46668.g21931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License