PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (SYAM-OK) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEP PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Nurlaela Latief(1*), Samnur Samnur(2), Muh Sauki Maulana(3),

(1) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.43898

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media learning management system (SYAM-OK) terhadap pengetahuan konsep perencanaan pembelajaran pada mahasiswa pendidikan teknik mesin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media learning management system (SYAM-OK) dan variabel terikatnya adalah pengetahuan konsep perencanaan pembelajaran. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019 yang telah menempuh mata kuliah perencanaan pembelajaran, sehingga bisa dikategorikan dalam penelitian populasi. Jika di total, terdapat 37 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan dokumentasi nilai ujian akhir semester mahasiswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa penggunaan learning management system (SYAM-OK) berpengaruh positif terhadap pengetahuan konsep perencanaan pembelajaran pada mahasiswa pendidikan teknik mesin dengan pengaruh sebesar 31%.


Keywords


media, learning management system, SYAM-OK, pengetahuan konsep

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hartley, D. E. (2001). Selling e-learning. American Society for Training and Development.

Darmawan, A. (2015). Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260-270.

Hamdani, D., Eva, K., & Indra, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79–88.

Harsono, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatika Dan Komputasi, 12(1), 48–50.

Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8(1), 22–28.

Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring).

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (LMS) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Permana, P. (2013). Efektivitas Penerapan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman. Allemania, 2(2), 136–151.

Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012, 2012(Snati), 15–16.

Roestiyah NK. (1994). Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Grup.

Siamat, Dahlan. (2002). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Di Perguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Tempo.co (Online). Ini Dua Makna Pidato Nadiem Makariem di Hari Guru Nasional. (https://nasional.tempo.co/read/1276238/ini-dua-makna-pidato-nadiem-makarim-di-hari-guru-nasional/full&view=ok/ Diakses pada 30 Maret 2021).


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License