PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO-VIDEO TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 6 SIDRAP PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR LAS BUSUR LISTRIK

Badaruddin Anwar(1), Ady Rukma(2), Asmah Adam(3), Akbar J(4*),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(4) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39736

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran multimedia audio video mempengaruhi peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan jenis pre testand post test one group desing. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Mesin sebanyak 25 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes obyektif. Adapun teknik analisis data menggunakan metode statistik deskrptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat  belajar yang signifikan setelah menggunakan media pembelajaran multimedia audio-video di SMKN 6 Sidrap.

Keywords


Media Pembelajaran dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Andi, Riski A. 2013. http://kaptenunismuh.blogspot.co.id/2013/01/tugas-3-prosedur-penelitian-tindakan.html. Diakses: 10 September 2016

Arif, Tiro. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Arif S, Sadiman. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persade.

Arif S, Sadiman,dkk. 2009. Media pendidikan: pengertian-pengertiandanpemanfaatannya. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Arikunto, S. 2009.PenelitianTindakanKelas. Jakarta: BumiAksara

Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad . 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Azhar, Arsyad . 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada.

AqibZainal, Dkk. 2009. PenelitianTindakanKelas. Bandung: Mergahayupermai

Basyiruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press

Bobbi, Deporter & Mike, Hernacki. 2011. Quantum Learning.

Dewi Padmo, dkk. 2004. Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Ciputat: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Djamarah S.B. 2008. Psikologi Belajar, Edisi 2. Jakarta : Rineka cipta

Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Gerlach and Ely. (1971). Teaching and media, A Sytematic Approach, Prentice-Hall, Englewood Cliffs.

Hamdani. 2011. StrategiBelajarMengajar. Bandung: CV. Pustakasetia.

HeryRahyudi. 2012. Teori-teoriBelajardanAplikasiPembelajaranMotorik. Bandung: Nusa Media.

Latuheru (1988:14). Media Pembelajarandalam Proses BelajarMengajarMasaKini. Jakarta: DepdikbudDirjenDikti.

Lismurtini. 2013. Media-audio-visual-dan-multimedia, (https:wordpress.com, Diakses 18november 2016)

Mansyur, Rasyid H. danSunarto. 2009. AssesmenPembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Prasindo

Meltzer, D.E. (2002). Relation between Student’ Problem-Solving Pervormance and Representation Format. American Journal of Physic. 73. No.5.p.465.

Melti, Indah S. (2007). Peningkatan Menulis Cerita dengan Media Audio-Visual pada Siswa Kelas X-4 SMAN 2 Tegal. Tegal.

M. Suyanto. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yokyakarta: Penerbit Andi

Nana, Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nana, Sudjana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: SinarBaruAlgesindo

Nasrul, Setiawan. 2013. http://Statistikceria.blogspot.co.id/2013/12/Pengujian, Perbedaan Rata-rata Dua Kelompok Berpasangan Dependen Parametrik.html

Rizal Rinjani. 2013. PengaruhMetode Inquiry TerhadapPrestasiBelajarPraktek Las BusurListrik. Yogyakarta: Program StudiPendidikanTeknikMesin

Rani Anggi W. 2011. EvektivitasPenggunaan Media Audio-Visual DalamPembelajaranKeterampilanMenulisBahasaPrancis. Yogyakarta: PendidikanBahasaPrancis

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Schram. 1977. Asas-asas Komunikasi Antara, ( terjemahan Agus Setiawan), LP3ES Jakarta dan West Communication Institute (EWCI) Hawai.

Sugiyono. 2007. Statistikuntukpenelitian. Bandung: Alfabeta, cv. Guilford, J. P. (1956).

Sugiyono. 2013. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhan N. 2006. Pembangunan Karakter Pada Anak. Surabaya: Surabaya IntelektualClub.

Supardi. 2013. Aplikasistatistikadalampenelitian. Jakarta selatan :Adikita

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syah. 2006. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Undamg-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 26 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39736.g18811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License