PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENGELAS PADA SISWA SMK DI KABUPATEN BULUKUMBA
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39670
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Bulukumba (26 orang), SMK Negeri 3 Bulukumba (25 orang) dan SMK Negeri 1 Bulukumba (19 orang) sehingga jumlah seluruhnya sebanyak 70 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kelayakan atau kevalidan instrumen, anket berisi pertanyaan seputar motivasi belajar dan dokumentasi untuk mengetahui nilai keterampilan mengelas siswa. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengelas siswa SMK Negeri 2, 3, dan 6 Bulukumba dengan kontribusi sebsar 33,8% dengan interpretasi rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Mudjiono, Dimyati, 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamzah B. Uno, 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Leli, Delfa. 2021. Kontribusi Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Batipuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Pramono, J. 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi
Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Sunadi, L. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Surabaya: Unesa
Suranto, 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wasty, Sumanto. 2006. Psikologi Pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta
Wicaksono, Pekik. 2012. Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Yoyakarta: UNY
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 46 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License