PENGEMBANGAN JOB SHEET PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 2 PANGKEP

Samnur Samnur(1), Fiskia Rera Bahaharuddin(2), Abdi Nurdenirta(3*),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar.
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar.
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakutas Teknik Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39605

Abstract


Jenis Penelitian ini menggunakan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Job sheet mata pelajaran teknik pengelasan busur manual. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan tahapan 4D (Define, Design, Development, Dessiminate). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan lembar validasi. Produk job sheet telah divalidasi oleh dua validator ahli. Uji coba dilakukan dalam skala kecil dengan melibatkan 1 orang guru mata pelajaran dan 10 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pangkep. Data analisis menggunakan teknik analisis deskrtiptif. Hasil penelitian menghasilkan job sheet mata pelajaran teknik pengelasan busur manual. Hasil validasi oleh validator ahli menyatakan bahwa job sheet yang dikembangkan telah memenuhi aspek pengembangan dan layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil melalui penilaian guru mata pelajaran disimpulkan bahwa job sheet  yang dikembangkan meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Pengembangan, 4D, Job sheet, Teknik Pengelasan Busur manual

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad, and Muhammad Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, W.M, (2015). “Pengaruh Penggunaan Media Job sheet Terhadap Pencapaian Kompetensi Pewarnaan Batik Tulis Menggunakan Zat Warna Indigosol pada Siswa Kelas Viii di Mts Negeri Seyegan Sleman”. Teknik. Pendidikan Teknik Busana. UNY. Yogyakarta

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2013). Teknik Las. Bandung: Alfabeta

Dimyanti dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Endang Dharmayekti W. (2004). Menyiapkan Profesi Guru SMK/LPK. Yogyakarta: KK/FTFPTK/UNY-UST

Khulsum, U. (2018)., Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA., Diglosia., 1(1), 1-12.

Koesnandar, 2008, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web, (http://www.teknologipendidikan.net/pengembangan-bahan-ajarberbasis-web, diakses tanggal, 21 mei 2022 jam 17:03 wita).

Law, Averill M, and W. David Kelton. 1991. Simulating Modelling and Analysis. New York: Mc. Graw Hill. Inc.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Megawati, A.M, (2018). “Pengembangan E-Job Sheet Sebagai Sumber Belajar Praktik Animasi Dua Dimensi Kelas XI Multimedia di Smk Muhammadyah 2 Klaten Utara”. Teknik. Pendidikan Teknik Informatika. UNY. Yogyakarta

Okumura, Toshie., Wiryosumarto. & Harsono. (2004). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: Sapdodadi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo Soenarto. (2012). Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY

Widarto, Sri. 2008. Petunjuk Kerja Las. Jakarta: Kresna Prima Persada

Widarto. (2012). Panduan Penyusunan Job sheet Mapel Produktif Pada SMK. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 44 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39605.g18760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License