ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PRODI KEAHLIAN PEMESINAN DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39592
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran online dan variabel terikatnya adalah pendidikan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 siswa yakni seluruh siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa dipilih menggunakan teknik sampling sistematis. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan observasi langsung. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya dampak yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar sebesar 13%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter di Era Millenial. Yogyakarta: Deepublish CV BUDI UTAMA
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta
Munir Yusuf. 2018. Pengantar ilmu pendidikan. Kota palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo
Robandi, D. and Mudjiran, M. 2020. Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3498–3502. doi: 10.31004/jptam.v4i3.878
Saifulloh, A. M. and Darwis, M. 2020. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19, Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), p. 285. doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Saleh, A. M. 2020. Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia, Jurnal Pendidikan, 2(2), pp. 24–24
Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Jakarta:Yayasan Kita Menulis
Sri Gusty, dkk. 2020. Belajar mandiri pembelajaran daring ditengah covid-19. Yayasan kita menulis
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-19), 2020. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Megawati Soekarnoputri
Yoga Purandina, I. P. and Astra Winaya, I. M. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 270–290. doi: 10.37329/cetta.v3i2.454
Article Metrics
Abstract view : 151 times | PDF view : 25 timesDOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39592.g18726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License