ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PRODI KEAHLIAN PEMESINAN DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Fiskia Rera Baharuddin(1), Rusli Ismail(2), Siklon Siklon(3*),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39592

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran online dan variabel terikatnya adalah pendidikan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 siswa yakni seluruh siswa program studi pemesinan di SMK Negeri 5 Makassar dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa dipilih menggunakan teknik sampling sistematis. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan observasi langsung. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya dampak yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter siswa program studi pemesinan di SMK Negeri  5 Makassar sebesar 13%.


Keywords


pembelajaran online, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter di Era Millenial. Yogyakarta: Deepublish CV BUDI UTAMA

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta

Munir Yusuf. 2018. Pengantar ilmu pendidikan. Kota palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

Robandi, D. and Mudjiran, M. 2020. Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3498–3502. doi: 10.31004/jptam.v4i3.878

Saifulloh, A. M. and Darwis, M. 2020. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19, Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), p. 285. doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Saleh, A. M. 2020. Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia, Jurnal Pendidikan, 2(2), pp. 24–24

Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Jakarta:Yayasan Kita Menulis

Sri Gusty, dkk. 2020. Belajar mandiri pembelajaran daring ditengah covid-19. Yayasan kita menulis

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-19), 2020. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Megawati Soekarnoputri

Yoga Purandina, I. P. and Astra Winaya, I. M. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 270–290. doi: 10.37329/cetta.v3i2.454


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 25 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39592.g18726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License