PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENAMPILKAN GAMBAR PROYEKSI PIKTORIAL (3D)

Singgih Pahlefi(1*), Muhammad Khumaedi(2),

(1) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39590

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality dan menguji peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyajikan gambar proyeksi piktorial 3 dimensi dalam sistem pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan desain uji true experimental jenis pretest-posttest two group control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 untuk kelas control dan X TKR 2 untuk kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 34 dan 33 siswa. Hasil uji coba ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 81%, sehingga memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 0,91 untuk kelas control dan 4,30 untuk kelas eksperimen. Hasil uji t untuk nilai post-test thitung = 3,23 > ttabel 1,6692 dengan nilai signifikansi 0,002, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan media Augmented Reality dengan pembelajaran biasa.

Keywords


Augmented Reality, Media Pembelajaran, Proyeksi Piktorial

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Patkur, M. and Wibowo, T. 2013. ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Tpm Di Smkn 1 Sidoarjo’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(03), pp. 86–96.

Permendikbud No 22. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusdiana, H. A. 2014. ‘Konsep inovasi pendidikan’, Konsep inovasi pendidikan, p. 269.

Varghese, B. A. 2020. Recent Advances in Augmented Reality.

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Edited by D. Febiharsa. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Zlatanova, S. 2002. Augmented Reality Technology. Delft: Faculty of Civil Engineering and Geosciences.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 28 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39590.g18725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License