PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK ALAT BERAT SMKN 2 TULUNGAGUNG

Herianto Herianto(1*), Didik Nurhadi(2), Marsono Marsono(3),

(1) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
(3) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39589

Abstract


Proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Tulungagung dilakukan secara daring dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Teams (Ms Teams) pada mata pelajaran gambar teknik. Pembelajaran menggunakan Ms Teams sejauh ini belum diketahui apakah media tersebut dapat memenuhi kriteria hasil belajar maupun kemampuan berkomunikasi siswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Ms Teams terhadap hasil belajar dan komunikasi siswa pada pelajaran gambar teknik. Ini merupakan penelitian dekriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Alat Berat SMKN 2 Tulungagung pada mata pelajaran gambar teknik. Analisis data dilakukan dengan teknik dekriptif, uji prasyarat normalitas dan linieritas, dan uji-t. Hasil Penelitian menunjukan penggunaan Ms Teams dan kemampuan berkomunikasi berada dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa berada dalam kategori cukup.


Keywords


microsoft teams, hasil belajar, komunikasi, gambar teknik

Full Text:

PDF

References


Aeni, E. S., & Lestari, R. D. 2018. Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13.

Asbi, A. A., 2019. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bontonompo”. Online. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7992-Full_Text.pdf, diakses: 7 September 2021.

Astuti, S. D. 2017. Analisis Kompetensi Siswa dalam Menguasai Pemahaman Mendengarkan. Jurnal Edukasi, 15, 27–41.

Ayakeding, H., Fitri, R. E., & Rahayu, S. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan di Stikes Rspad Gatot Soebroto Periode Januari-Februari 2021 (Vol. 2021).

Damayanti, A., & Mulyadi, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 100-107.

Mayasri, H. N. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperati. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 1(1). Online. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.vlil.3281, diakses: 3 Oktober 2021.

Nalurita, S. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1), 22–30.

Rahayu, S., Afnan, M., & Kudwadi, B. 2021. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Pengaruh Penggunaan Platform Microsoft Teams terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Karawang. I. Diakses pada 7 Oktober 2021.

Rakhmawati, I, S. D. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbantuan Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA. Fmipa Unimus 2020, Covid 19, 72–80.

Satriya, I., Pradana, B., Tien, Y., & Bayangkhariwati, T. Informasi, F. T., & Pembelajaran, V. 2021. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran melalui Microsoft Teams terhadap Hasil Belajar Pengolahan. 9(4), 65–73.

Setyono, E, Y. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell. Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(1), 69–76.

Widiyarso, T. H., & Sutama. 2021. Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran E-Learning bagi Guru Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 15–21.

Yunardi, M. I. 2020. Manajemen Soft Skill dalam Meningkatkan Kemampuan Lantai Batu Nagari Baringin Kabupaten Tanah Datar: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Batusangkar. Skripsi. IAIN: Manajemen Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 43 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i2.39589.g18724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License