PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL SMAW DI SMKN 3 GOWA

Djuanda Djuanda(1), Andi Muhammad Irfan(2), Muhsin Z(3), Risky Rismawan(4*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.33424

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory  Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Di SMKN 3 Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran teaching factory dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran las busur manual (SMAW) di SMKN 3 Gowa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan di SMKN 3 Gowa yang terdiri dari 41 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil sebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS 25.0 dalam analisis data dengan taraf signifikan 5% untuk melihat besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model pembelajaran teaching factory berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran las busur manual (SMAW) di SMKN 3 Gowa dengan pengaruh sebesar 67,6%, sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Teaching Factory, Motivasi Belajar, SMAW, Kuantitatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2009. Depdiknas kembangkan Teaching Factory di SMK. http://www,depdiknas.go.id. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2021.

Depdikbud. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Moerwismadhi. 2009. Teaching factory suatu pendekatan dalam dalam pendidikan vokasi yang memberikan pengalaman ke arah pengembangan Tehcno preneurship learning for teaching factory tanggal 15 agustus 2009 di Malang Jawa Timur.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zaman, B. F.. 2010. Penerapan Teaching Factory Menggunakan Teori Pembelajaran kontructivisme. Jakarta : UNJ http://www.scribd.com . diakses pada tanggal 13 Oktober 2021


Article Metrics

Abstract view : 367 times | PDF view : 91 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.33424.g15885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License