HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK TERHADAP MATA KULIAH PRAKTIK KERJA BANGKU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNM

Samnur Samnur(1*), Badaruddin Anwar(2), A. Ramli Rasyid(3), Rahmat Rahmat(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.33361

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penedekatan korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar mata kuliah kuliah gambar teknik terhadap mata kuliah praktik kerja bangku pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2016 dan 2017 yang terdiri dari 78 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penyebaran lembar soal tes pengetahuan gambar Teknik. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan SPSS 21.0 diperoleh r-hitung yaitu 0.293 sedangkan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebaan n-2 diperoleh r-tabel sebesar 0.291. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar mata kuliah gambar teknik terhadap mata kuliah praktik kerja bangku.


Keywords


Gambar Teknik, Praktik Kerja Bangku

Full Text:

PDF

References


Airasian, P. a. (2008). cllassoom assessment. New york: Mc. Graw Hill.Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan praktik, edisi revisi V, penerbit: Rineka cipta.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 1998. Rineka Cipta: Jakarta

BLOOM, Benjamin Samuel. Taxonomy of Educational Objectives, Etc.[Edited by BS Bloom and Others.]. Longmans, Green & Company, 1956.

Dahar, R. W. (2003). Aneka wacana pendidikan ilmu pengetahuan alam. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia.

Jerris, L. A. (1999). Human resources management for hospitality. New Jersey: Prentice Hall.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. (1997). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 57 Three Edition, USA: Personal International Edition, Prentice –Hall.

Sirajuddin, 2007, Studi Hubungan Antara Mengelas Dengan Praktik Mengelas Pada Siswa Kelas I Tekniklas SMKN 2 Makassar, Skiripsi: FT UNM.

Smaldino, S. E., Lowther, D.L., Russell, J. D., & Mims, C (2008). Instructional techonology and media for learming.

Surajiyo, 2007. Filsafat Ilmu Dan Perkembanganya Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 63 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.33361.g15878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: [email protected] 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License