PENGARUH BAHAN AJAR DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMKN 4 SOPPENG

Rusli Ismail(1*), Andi Muhammad Idkhan(2), Ashar Pramono(3), Agustono Agustono(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassa
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32184

Abstract


Penelitian ini adalah Kuantitaf Deskriptif Inferensial yang  bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar daring terhadap prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran gambar teknik,. Indikator untuk variable bahan ajar daring adalah materi dan metode. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Soppeng dengan sampel kelas X otomotif 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas otomotif 2 yang berjumlah 30 siswa jadi jumlah keseluruhan sampel adalah 60 siswa. Alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi nilai prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pengaruh bahan ajar daring terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran gambar teknik di SMKN 4 Soppeng berpengaruh positif dengan pengaruh sebesar 53% sedangkan sisanya 46% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Bahan ajar, Daring, Prestasi, Gambar Teknik.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pernada Media.

Hartanto, S. d. 2005. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta : PT Prandya Paramita.

Kompri. 2017. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Maunah, B. 2005. Pendidikan Kurikulum SD/MI. Surabaya: Elkaf.

Oemar, H. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Prastwo, A. 2008, November 14. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Retrieved from akhmadsudarjat wordpress: http://akhmadsudarjat.wordpress.com/2008/01/24/download-pengembangan-bahan-ajar/.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 43 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32184.g14870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION

Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:

     

    

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)

 Email: jovi.ptm@unm.ac.id 

 

JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License