PENGARUH BAHAN AJAR DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMKN 4 SOPPENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassa
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32184
Abstract
Penelitian ini adalah Kuantitaf Deskriptif Inferensial yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar daring terhadap prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran gambar teknik,. Indikator untuk variable bahan ajar daring adalah materi dan metode. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Soppeng dengan sampel kelas X otomotif 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas otomotif 2 yang berjumlah 30 siswa jadi jumlah keseluruhan sampel adalah 60 siswa. Alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi nilai prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pengaruh bahan ajar daring terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran gambar teknik di SMKN 4 Soppeng berpengaruh positif dengan pengaruh sebesar 53% sedangkan sisanya 46% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pernada Media.
Hartanto, S. d. 2005. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta : PT Prandya Paramita.
Kompri. 2017. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Maunah, B. 2005. Pendidikan Kurikulum SD/MI. Surabaya: Elkaf.
Oemar, H. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Prastwo, A. 2008, November 14. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Retrieved from akhmadsudarjat wordpress: http://akhmadsudarjat.wordpress.com/2008/01/24/download-pengembangan-bahan-ajar/.
Article Metrics
Abstract view : 236 times | PDF view : 52 timesDOI (PDF): https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.32184.g14870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION
Journal of Vocational Instruction (JoVI) Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663 (Andi Muadz)
Email: jovi.ptm@unm.ac.id
JoVi; Journal of Vocational Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License