EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PEGAWAI DI SMK YPLP PGRI 1 MAKASSAR

Abdul Samad(1*), Jamaluddin Jamaluddin(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan sumber daya pegawai di SMK YPLP PGRI 1 Makassar, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan sumber daya pegawai di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Instrument utama adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu handpone, kamera, dan menggunakan catatan lapangan yaitu dengan mencatat data-data yang terkait dengan penelitian yang ditemukan dilapangan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengembangan sumber daya pegawai di SMK YPLP PGRI 1 Makassar berada dalam kategori cukup efektif, melihat fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) pendidikan dapat dikatakan sudah cukup efektif, 2) pelatihan dapat dikategorikan masih kurang efektif, 3) promosi mendapatkan hasil yang cukup efektif. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam pengembangan sumber daya pegawai, yaitu terdapat dukungan dari kepala sekolah, adanya pemberian sarana atau fasilitas dari pihak sekolah dan luar sekolah dan adanya akomodasi seperti uang transpor yang diberikan oleh kepala sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu kurangnya anggaran yang tersedia sehingga banyak para guru yang tidak dapat mengikuti kegiatan atau pelatihan diluar sekolah, tidak adanya dana yang dimiliki para guru untuk bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, dan kurangnya juga kemauan dari para guru itu sendiri untuk mengikuti suatu pelatihan-pelatihan.

Kata KunciĀ  : Efektif, Efektifitas, Pegawai


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2952

Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.