PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEPADATAN PENDUDUK MELALUI ALAT PERAGA “PLATE AREA” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Syarifuddin Syarifuddin(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2911

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang nampak dari respon dari setiap pertanyaan yang diajukan baik lisan maupun tulisan sehingga sangat sulit untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hal ini ditunjukkan sekitar 96,4% siswa belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu nilai KKM 7,2. Yang menjadi fokus kajian di sini adalah peningkatan hasil belajar melalui alat peraga “plate area” dengan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket untuk analisis data kualitatif serta penilaian hasil ulangan harian sebagai analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penggunaan alat peraga “plate area” dengan model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan proses maupun hasil pencapaian batas penguasaan materi kepadatan penduduk. Melalui alat dan model pembelajaran yang ada juga terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang rileks dan menyenangkan pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Bantaeng.

Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Office