PENERAPAN PRINSIP PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DESA PANCIRO KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA, INDONESIA
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1639
Abstract
Penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. sumber data yang digunakan adalah masyarakat penerima layanan utama penelitian adalah staf yang ada di kantor Desa Panciro Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, yakni Kepala Desa dan staf, beserta masyarakat, organisasi di tingkat pedesaan dan lembaga terkait menyangkut pelayanan administrasi. Disamping sumber primer, penelitian juga menggunakan sumber data sekunder berupa dokumen, laporan, dan sumber lain yang dianggap relevan. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima layanan, maka penarikan sampel dilakukan berdasarkan accidental sampling dengan Purposive Random Sampling, dimana dalam penarikan sampel tidak ditentukan berdasarkan karakteristiknya tetapi kepada siapa saja populasi yang kebetulan datang menerima layanan. Untuk itu, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 46 sebagai responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang mengikuti model analisis interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display, drawing/verifying dan conclusions.
Kata Kunci: Prinsip Pelayanan, Administrasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 707 times | PDF view : 514 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Office