Pelatihan Praktikum IPA Fisika bagi Peserta Didik di SMPN 1 Tinambung

Muhammad Aqil Rusli(1*), Muh. Tawil(2), Hasanuddin Hasanuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembelajaran IPA di SMPN 1 Tinambung semenjak pandemi Covid-19 sampai semester ganjil 2022 belum pernah memanfaatkan KIT IPA dalam mengajarkan keterampilan proses sains (KPS) kepada peserta didik. Kondisi ini yang mendasari tim pengabdi dalam membantu guru mata pelajaran IPA di sekolah tersebut untuk menyiapkan peserta didik yang terampil dan dapat diberdayakan sebagai tutor sebaya bagi peserta didik yang lain dalam kegiatan praktikum IPA. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode demonstrasi dan latihan mandiri. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 6 orang dengan kegiatan praktikum sebanyak 4 unit percobaan, yaitu: gerak lurus berubah beraturan; kesetimbangan momen gaya; tekanan hidrostatis dan hukum pembiasan cahaya. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa peserta didik belum mengenal alat-alat praktikum, dan tidak mampu merangkai alat dan bahan untuk melakukan kegiatan praktikum IPA pada unit tersebut. Melalui kegiatan demonstrasi dan Latihan mandiri, peserta didik mampu: 1) merangkai alat dan bahan untuk kegiatan praktikum; 2) melakukan pengamatan dengan benar; 3) menyimpulkan hasil percobaan berdasarkan data hasil pengamatan dengan benar. Hasil ini menunjukkan bahwa mitra terampil melakukan kegiatan praktikum IPA fisika pada 4 unit percobaan.

Keywords


kit ipa, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari sikap ilmiah pada pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 60 – 67. https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102

Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., & Hulu, F. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 5(2), 105 – 122. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2062

Hizbi, T. (2019). Pengaruh metode demonstrasi menggunakan laboratorium virtual dan riil terhadap keterampilan proses sains siswa. Kappa Journal, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi, 3(1), 50 – 57. https://core.ac.uk/download/pdf/229259603.pdf

Mala, N. A. & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(03), 200 – 203. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19486

Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189-200. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496

Rizal, R., & Suhandi, A. (2017). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 40 – 50. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2411

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46 – 55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Sani, R. A. (2021). Pengelolaan laboratorium ipa sekolah. Bumi Aksara.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195-205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614

Simanjuntak, N. D. P., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2017). Hubungan antara sarana laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Alotrop, 1(2), 102 – 105. https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3511

Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83 – 90. http://dx.doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 49 – 57. https://core.ac.uk/download/pdf/228883707.pdf


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat


Published by:

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar