Pemahaman Guru IPA MGMP se-Kabupaten Polewali Mandar terhadap Perangkat Project Based Learning

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*), Salma Samputri(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kurikulum merdeka mewajibkan pemahaman terhadap beberapa model pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Masih kurangnya pemahaman guru-guru IPA terhadap pembuatan perangkat berbasis Project Based Learning menjadi tujuan dalam pengabdian ini. Pengabdian ini dilaksanakan di kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat dengan jumlah guru sebanyak 15 orang guru IPA. Tujuan pengabdian adalah untuk mengetahui a) pemahaman guru-guru IPA MGMP se Kabupaten Polewali Mandar sebelum dilaksanakan Pelatihan, b) Pemahaman guru-guru IPA MGMP se Kabupaten Polewali Mandar sesudah dilaksanakan Pelatihan. Hasil pengabdian menujukan a) pemahaman guru-guru IPA sebelum mengikuti pelatihan pembuatan perangkat Project Based Learning yaitu kurang baik, dan b) pemahaman guru-guru IPA sebelum mengikuti pelatihan pembuatan perangkat Project Based Learning yaitu baik.

Keywords


project based learning, pemahaman

Full Text:

PDF

References


Abadi, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SSCS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Arsyad, M., Helmi, & Malago, J. PKM Pembelajaran Sains Fisika dengan Metode Eksperimen disertai Lembar Kerja Siswa (LKPD) untuk MGMP IPA Guru di Kabupaten Maros. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Arsyad, M., Helmi, H., & Khaeruddin, K. PKM bagi Guru IPA Fisika se-Kabupaten Maros. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, (Vol. 2019, No. 2).

Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1-13.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project based learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Siagian, P., Simanjuntak, E., & Samosir, K. (2016). Prototype Pembelajaran Matematika SMA sesuai Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 22(2), 91-108.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JKM: Jurnal Kemitraan Masyarakat


Published by:

Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar